Surat Suara Tercecer di Riau, KPU Sebut Bukan Milik Sumbar

Surat Suara Tercecer di Riau, KPU Sebut Bukan Milik Sumbar

Amnasmen, Ketua KPU Sumbar saat diwawancarai di ruangannya (Foto: Rahmadi / Langgam.id)

Langgam.id - Ditemukannya surat suara yang tercecer di Salo, Kabupaten Kampar, Riau dengan alamat Tanah Datar, Komisi Pemilhan Umum (KPU) Sumatera Barat sebut itu bukan milik daerahnya.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen menyebutkan, surat suara yang tercecer itu, isinya untuk DPD dan DPR RI dengan daerah pemilihan wilayah Sumatera Barat.

"Itu informasi yang kita dapatkan. Setelah kita cek ke KPU Tanah Datar, mereka tidak kekurangan surat suara, sudah cukup dan lengkap. Jadi, tidak ada persoalan," ujarnya kepada Langgam.id saat ditemui di ruangannya, Senin (15/04/2019).

Dikatakan Amnasmen, sebenarnya ia juga tidak tahu pasti, apakah itu milik Sumbar atau bukan. Surat suara itu ditemukan masyarakat setempat, dialamatkan untuk Kabupaten Tanah Datar.

Amnasmen mengkalaim, surat suara DPD dan DPR RI untuk Sumbar sudah lengkap. "Hingga saat ini, KPU Sumbar tidak ada mendapatkan laporan kekurangan surat suara untuk DPD dan DPR RI dari daerah," jelasnya.

Kalau surat suara yang dikirim hari ini dari Jakarta, menurut Amnasmen bukan surat suara untuk DPD ataupun DPR RI. "Saya juga kurang tahu, surat suara yang tercecer itu milik siapa," ungkapnya.

Terkait adanya temuan surat suara di bawah jembatan di Salo, Kabupaten Kampar, Riau, KPU Sumbar sudah melaporkan ke KPU RI.

"Kita sudah koordinasikan ke KPU RI, mereka yang akan mengurusnya," ucap Amnasmen.

KPU RI, hanya meminta KPU Sumbar untuk fokus mengahadapi pemilu yang hanya tinggal beberapa hari lagi. "Persoalan itu akan didalami oleh pimpinan kita di Jakarta. Yang kita tahu, surat suara untuk DPD dan DPR RI di Tanah Datar sudah lengkap," ujarnya. (Rahmadi/FZ)

Baca juga: KPU Sumbar: Pemilih Disabilitas Tak Wajib Didampingi

H-5, KPU Sumbar Masih Kekurangan Surat Suara

KPU Sumbar Rincikan Cara Memilih untuk yang Tidak Terdaftar di DPT

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

KPU Sumbar Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp 154 Miliar
KPU Sumbar Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp 154 Miliar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar menghibahkan tanah untuk membangun kantor KPU.
Temui Gubernur Bahas Pemilu 2024, KPU Sumbar Juga Minta Dihibahkan Tanah
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar fasilitasi pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024.
Temui Gubernur, KPU Sumbar Bahas Persiapan Pemilu Serentak 2024
gugatan MK
Ketua KPU Provinsi dan Sejumlah Komisioner di Sumbar Lolos Seleksi Awal ke KPU dan Bawaslu RI
Hadiri Pemakaman, KPU RI Apresiasi Kinerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu
Hadiri Pemakaman, KPU RI Apresiasi Kinerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu
Komisioner KPU Sumbar Nova Indra Akan Dimakamkan di Solok
Komisioner KPU Sumbar Nova Indra Akan Dimakamkan di Solok