Cegah Paham Radikalisme, Dandim Pessel Minta Koramil dan Babinsa Sosialisasi ke Masyarakat

Cegah Paham Radikalisme, Dandim Pessel Minta Koramil dan Babinsa Sosialisasi ke Masyarakat

Dandim 0311Pesisir Selatan, Letkol Kav. Edwinguspana (Foto: Dok. MC Kabupaten Pessel)

Langgam.id – Upaya mencegah paham radikalisme, Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Kav. Edwinguspana meminta jajaran Koramil serta Babinsa turun ke tengah-tengah masyrakat untuk sosialisasi hukum dalam mencegah dan meminimalisir munculnya paham radikalisem di wilayah hukum daerah tersebut.

Edmin menegaskan, agar selalu memantau keadaan sekitar. “Kita intruksikan agar turun ke bawah, memantau hal yang menonjol, lalu segera laporkan secara berjenjang, agar cepat dilakukan penanganan,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Selasa (15/10/2019).

Dikatakannya, keberadaan ajaran-ajaran radikalisme yang dapat mengganggu situasi keamanan, ketertiban dan kenyamanan di tengah masyarakat serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus sama-sama kita lawan.

Kodim 0311 Pesisir Selatan, katanya, harus bisa mengoptimalkan keberadaan Babinsa, untuk aktif turun kebawah untuk sosialiasi, dan penyuluhan hukum di tengah masyarakat.

“Harus ada pemahaman lagi kepada masyarakat, agar tidak mudah terhasut dengan ajaran radikalisme dan terorisme,” ungkap Edwin.

Dia juga berharap, instansi terkait, seperti Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah dan komponen lainya untuk mencegah radikalisme dan terorisme di Kabupaten Pesisir Selatan.

Bukan hanya itu, Edwin juga akan turun sendiri melakukan penyuluhan hukum ke sekolah dan kampus yang ada di Pessel.

Menurutnya, generasi muda, pelajar dan mahasiswa di Pesisir Selatan jangan sampai ikut-ikutan hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain. Hanya ada satu kata NKRI harga mati. “Jika ada hal menonjol dapat menggangu Kamtibnas, kita akan tindak tegas sesuai aturan dan Undang-Undang yang ada,” ucapnya. (*/ZE)

Baca Juga

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Ketua DPRD Sumbar menilai persoalan NII belum tuntas dengan hanya 391 orang cabut baiat.
391 Pengikut NII Dharmasraya Cabut Baiat, Ketua DPRD Sumbar: Harus Dicari Akar Persoalan
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pengamat terorisme turut mengomentari adanya pengikut NII yang cabut baiat di Dharmasraya.
Kata Pengamat Terorisme Soal Ratusan Pengikut NII di Dharmasraya Cabut Baiat
Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Diduga kelompok Jaringan Teroris NII di Dharmasraya, sebut Pancasila Tagut.
Cerita Mantan Jemaah Diduga Jaringan NII di Dharmasraya, Ajarannya Sebut Pancasila Tagut
Keluarkan Imbauan, Ini 5 Strategi Mahyeldi Antisipasi Paham Radikal di Sumbar
Keluarkan Imbauan, Ini 5 Strategi Mahyeldi Antisipasi Paham Radikal di Sumbar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kapolda Sumbar menyebutkan antisipasi radikalisme ini sangat dibutuhkan peran semua pihak. 
Antisipasi Paham Radikal di Momen Mudik Lebaran, Kapolda Sumbar: Semua Pihak Bertanggung Jawab
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Gubernur Sumbar meminta kepala daerah agar mengawasi warga pendatang di tingkat RT dan nagari.
Cegah Terorisme, RT Diminta Awasi Warga Pendatang, Mahyeldi: Hidupkan Lapor 2 Kali 24 Jam