Wakil Bupati Solok Selatan Segera Diangkat Jadi Bupati Definitif

Pemkab Solok Selatan Ajak UMKM Lokal Produksi Masker Kain

Plt. Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman (Istimewa)

Langgam.id - Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman segera diangkat menjadi bupati definitif oleh menteri dalam negeri, menggantikan Muzni Zakaria. Demikian dikatakan oleh Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, Rabu (12/2/2020).

Jabatan bupati Solok Selatan hingga saat ini masih kosong sejak Muzni Zakaria ditahan KPK Kamis (30/1/2020). Penyidik telah memperpanjang masa penahanan selama 40 hari dimulai 11 Februari sampai 14 Maret 2020.

Baca juga : Wabup Solok Selatan Ajak Warga Tidak Menghujat Bupati yang Ditahan KPK

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, kekosongan akan diisi Wakil Bupati Abdul Rahman. Hal itu berdasarkan informasi yang disampaikan pihak Kemendagri.

"Wakilnya yang akan diangkat menjadi bupati defenitif, sama dengan Pasaman Barat dulu. Tetapi saat ini masih menunggu surat keputusan (SK) dari Kemendagri," katanya, Rabu.

Sementara saat ini, status Abdul Rahman masih tetap wakil bupati. Hanya saja dia yang menjalankan tugas bupati sebagai kepala daerah. "Dia tetap wakil bupati tapi yang melaksanakan tugas bupati sampai ada keputusan mendagri untuk defenitif," katanya.

Sebelumnya, Muzni Zakaria ditetapkan sebagai tersangka bersama Muhammad Yamin Kahar. Muzni diduga menerima suap Rp 460 juta untuk proyek pembangunan jembatan Ambayan.

Baca juga : Daftar Kekayaan Muzni Zakaria, Bupati Solok Selatan yang Ditahan KPK

KPK juga mengatakan ada dugaan aliran suap Rp 315 juta terkait proyek Masjid Agung Solok Selatan yang diberikan Yamin kepada bawahan Muzni. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya