Sempat Terputus, Akses Jalan Provinsi di Pasbar Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Langgam.id-jalan provinsi

Kapolres Pasaman Barat AKBP M Aries Purwanto meninjau lokasi longsor di Jorong Paroman, Nagari Sinuruik. [foto: tribratanews.sumbar.polri.go.id]

Langgam.id - Akses jalan provinsi yang sempat lumpuh total karena bencana tanah longsor di Jorong Paroman, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, sudah bisa dilalui kendaraan, Kamis (11/11/2021) siang.

Kapolres Pasaman Barat AKBP M Aries Purwanto mengatakan longsor terjadi pada Kamis (11/11/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.

“Akibat kejadian tersebut akses jalan Talu – Panti Kabupaten Pasaman tidak dapat dilewati karena tertimbun material longsor setinggi lebih kurang 3 meter,” ujar Aries seperti dilansir tribratanews.sumbar.polri.go.id, Kamis (11/11/2021).

Ia menambahkan, dua unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan material. Pembersihan material ini bersama tim gabungan BPBD, Dinas PU, TNI, PMI dan dibantu masyarakat.

"Tanah longsor itu mengakibatkan material longsor menimbun akses jalan Talu- Panti serta beberapa lokasi persawahan dan satu unit rumah tertimbun material longsor," bebernya.

Ia mengungkapkan bahwa di beberapa lokasi di Kenagarian Sinuruk juga terjadi banjir. Ini diakibatkan oleh meluapnya air sungai karena curah hujan yang tinggi terjadi di Kecamatan Talamau.

Selain itu, juga terdapat pohon tumbang di Polongan Enam Jorong Merdeka, Nagari Talu. Akibatnya, menghalangi akses jalan Talu – Simpang Empat.

"Namun setelah beberapa jam kemudian akses telah dapat dilalui karena pohon tumbang sudah dibersihkan dengan menggunakan mesin sinso," tuturnya.

Aries sendiri turun langsung melihat lokasi bencana bersama Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, dan Kapolsek Talamau AKP Junaidi.

“Sejauh ini kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materil belum diinventarisir. Satu unit rumah tertimbun longsor dan puluhan hektare sawah juga terkena timbunan material longsor,” ucapnya.

Baca juga: Akses Jalan Provinsi di Pasaman Barat Lumpuh Total

Ia mengungkapkan, dari pantauan di lapangan, hujan sudah mulai reda, sehingga genangan air mulai susut sehingga aktivitas masyarakat sudah mulai berangsur normal.

Sebelumnya, jalan provinsi penghubung Simpang Empat menuju Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat, lumpuh total tidak bisa dilewati kendaraan.

Hal ini diakibatkan longsor, banjirnya hingga pohon tumbang yang terjadi di wilayah tersebut. (Mg Dewi)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Bupati Padang Pariaman Tinjau Korban dan 15 Titik Banjir di 5 Kecamatan
Bupati Padang Pariaman Tinjau Korban dan 15 Titik Banjir di 5 Kecamatan
Banjir
Banjir dan Longsor di Kabupaten Padang Pariaman: 43 Titik, 2 Orang Meninggal
Banjir Batu Busuak: Puluhan Warga Dievakuasi Tengah Malam
Banjir Batu Busuak: Puluhan Warga Dievakuasi Tengah Malam
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Luas perkebunan kelapa sawit di Sumbar 249.518,69 hektare. Total produksi sebesar 681.431,79 ton.
Alih Fungsi Lahan, Pasbar Kehilangan 47 Ribu Ha Hutan Sejak 1996
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa