Pertamina dan Polda Sumbar Pastikan Kualitas dan Kuantitas BBM Jelang Lebaran

Pertamina dan Polda Sumbar Pastikan Kualitas dan Kuantitas BBM Jelang Lebaran

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus Polda Sumatera Barat Komisaris Besar Polisi Alfian Nurnas, Sales Area Manager (SAM) Pertamina Patra Niaga wilayah Sumbar Narotama Aulia Fazri dan Faisal, Bidang Metrologi, Dinas Perdagangan Kota Padang melakukan pengecekan dan monitoring ke sejumlah SPBU di kota Padang, Kamis (4/04). Foto: Humas Pertamina Sumbagut

Langgam.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Pertamina Patra Niaga bersama Polda Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pengecekan dan monitoring ke sejumlah SPBU di Kota Padang, Kamis (4/4). Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan, kualitas, dan kuantitas BBM yang aman dan terjamin bagi masyarakat, terutama pemudik.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyatakan bahwa sudah menjadi komitmen Pertamina Patra Niaga untuk menjaga kualitas dan kuantitas (Quality and Quantity) BBM yang disalurkan kepada masyarakat. Selain menjaga kualitas produk, secara umum stock maupun penyaluran BBM dan LPG dalam kondisi aman dan lancar. Disamping itu, dalam memastikan kesiapan sarfas BBM dan LPG, inspeksi lapangan terus dilakukan manajemen Pertamina Patra Niaga bersama stakeholder terkait.

"Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menjaga kualitas dari produk yang kami salurkan kepada masyarakat, selain kualitas, kami menjamin ketersediaan BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama pada masa Satgas RAFI 2024. Kami pastikan 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG dan 71 Avtur Fuel Terminal yang dikelola Pertamina Patra Niaga dalam keadaan siap menghadapi RAFI 2024" tegas Irto di Jakarta (5/4).

Kegiatan pengecekan/monitoring bersama ke SPBU yang dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut bersama stakeholder terkait khususnya Polda Sumbar merupakan langkah untuk memastikan kualitas produk yang disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan spesifikasinya. Adapun titik SPBU yang dipilih adalah yang berada di Kota Padang. Pengecekan/monitoring ini dilakukan bersama Polda Sumbar, Dinas Perdagangan Pemkot Padang dan Hiswana Migas Sumbar.

Monitoring ini meliputi pengecekan kualitas BBM di SPBU meliputi warna BBM sesuai jenisnya, kandungan air di tangki pendam SPBU, pemeriksaan keakuratan takaran di SPBU melalui pengecekan dispenser dan uji tera nozzle oleh Dinas Metrologi setempat.

Menurut Dir Reskrimsus, pihaknya melakukan pengecekkan demi memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat atas kualitas dan kuantitas BBM, khususnya untuk pemudik yang akan beraktivitas jelang dan saat lebaran hingga arus balik nanti. “Hari ini bersama Pertamina Patra Niaga dan Dinas Perdagangan kita lakukan monitoring bersama,” kata Dir Reskrimsus Polda Sumbar, Kombes Alfian Nurnas.

SAM Pertamina Patra Niaga Sumbar Narotama Aulia Fazri menyebutkan monitoring bersama dengan Dir Reskrimsus Polda Sumbar dan Dinas Perdagangan untuk aspek kualitas, kuantitas dan keselamatan dalam rangka Satgas RAFI 2024. SPBU yang dilakukan monitoring random yaitu di SPBU 14.251583 Khatib Kota Padang dan SPBU 14.251509 Veteran Kota Padang.

"Hasil pengecekan sampling tera nozzle di 2 SPBU Kota Padang masih sesuai dengan toleransi yang ditentukan, untuk tera dispenser ini SPBU memang rutin dilakukan setiap tahun. Jadi Masyarakat Kota Padang tidak perlu khawatir terkait jaminan takaran di SPBU" kata Faisal salah seorang Petugas Tera Metrologi Dinas Perdagangan Pemkot Padang.

“Sekaligus, Pertamina Sumbar memastikan kesiapan Satgas RAFI 2024. Besok kita juga berencana ke jalur Sumbar-Riau, untuk check tera SPBU disana dan check posko Satgas Serambi MyPertamina di sana,” pungkas Narotama. (*/Yh)

Baca Juga

Selama libur Lebaran 2024, tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan 100 persen
Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel di Bukittinggi Naik 100 Persen Dibanding 2023
ascalebaran 2024, terjadi lonjakan permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Padang. Kenaikan permohonan pembuatan SIM usai libur Lebaran 2024 ini mencapai 75 persen.
Pembuatan SIM di Padang Naik 75 Persen Pascalebaran 2024
Ribuan Pengunjung Banjiri Objek Wisata Agam Selama Libur Lebaran
Ribuan Pengunjung Banjiri Objek Wisata Agam Selama Libur Lebaran
Angka Kecelakaan di Padang Turun 29,8% Selama Operasi Ketupat Singgalang 2024
Angka Kecelakaan di Padang Turun 29,8% Selama Operasi Ketupat Singgalang 2024
Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Kemenag Sumbar Jadikan Halalbihalal Momen Rajut Kebersamaan dan Tingkatkan Kinerja
Kemenag Sumbar Jadikan Halalbihalal Momen Rajut Kebersamaan dan Tingkatkan Kinerja