Hut ke-20, Bupati Harapkan Budaya Mentawai Tak Hilang di Tengah Perkembangan Zaman

Hut ke-20, Bupati Harapkan Budaya Mentawai Tak Hilang di Tengah Perkembangan Zaman

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet (Foto: Humas Pemkab Mentawai)

Langgam.id - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet berharap budaya Mentawai tidak hilang di tengah-tengah masyarakat seiring perkembangan zaman, dan adanya interaksi serta latar mayarakat yang beragam, budaya di Bumi Sikerei tersebut diinginkan tetap bertahan.

Upaya mempertahankan kebudayaan tersebut, menurut Yudas sebagai bentuk sinergisitas dalam pembangunan. “Mentawai akan terus berkembang, ada interaksi berbagai latar kebudayan masyarakat di sini, kita harus tetap jaga hamonisasai budaya. Republik ini tumbuh juga berangkat dari kebudayaan,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Senin (7/10/2019).

Dikatakan Yudas, lahirnya Pancasila, juga melalui kajian secara budaya, itu bukan dari bangsa lain. “Kebudayan itu harus digali sebagai dasar atau pondasi untuk membangun daerah. Keberagaman dengan budaya lain, disitulah letak filosofisnya,” jelas Yudas.

Di tahun k-20 lahirnya Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pemerintah Daerah (Pemda) mengangkat tema Mentawai Unggul, itu didasari pada tiga hal, yaitu infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemekaran.

Di usia ke-20 tahun ini, Yudas menginginkan Mentawai bisa lebih baik. “Ini saatnya Mentawai untuk melangkah lebih jauh, baik dari pihak kepolisian, TNI, Basarnas, Kejaksaan, semua bergerak untuk menuju Mentawai maju dan unggul,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Bruno Guimek menyebutkan, singkronisasi soal budaya dan perkembangan pembangunan itu sebenarnya tidak sulit. “Yang penting, kita ada untuk Mentawai, ketika ada persoalan, itu tidak akan menyulitkan kita,” ujarnya. (*/ZE)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Langgam.id - Wagub Sumbar, Audy Joinaldy tunggangi Jetski untuk antarkan bantuan senilai Rp12 miliar bagi guru di daerah 3T.
Pemprov Sumbar Salurkan Insentif untuk 400 Guru di Mentawai, Masing-masing Dapat Rp30 Juta
Langgam.id - Kapal MV Mentawai Fast kini hadir untuk moda transportasi antar pulau di Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).
Percepat Jarak Tempuh, Mentawai Fast Kini Layani Rute Antar Pulau
Langgam.id - Pj Bupati Mentawai melarang Organisasi Prangkat Daerah (OPD) di daerahnya menggelar pelatihan datau diklat di Kota Padang.
Pj Bupati Mentawai Larang OPD Gelar Pelatihan atau Diklat di Padang
Langgam.id - Tenda darurat yang digunakan untuk belajar sementara siswa SD 11 di Simalegi Mentawai ambruk diterjang angin kencang.
Bangunan Roboh Akibat Gempa, Kini Tenda Darurat Pelajar SD di Simalegi Ambruk Diterjang Angin Kencang
Langgam.id - PMKRI menggelar seminar nasional untuk membahas Undang-undang Nomor: 17 tahun 2022 di Mentawai, Minggu (30/10/2022).
PMKRI Gelar Seminar Menyoal UU Sumbar, Ini Kata Pj Bupati Mentawai