Dishub Mentawai Klaim Pembebasan Lahan untuk Bandara Rokot Sudah 90 Persen

Langgam.id – Seluas 36 hektar lahan yang akan digunakan untuk pengembangan Bandar Udara (Bandara) Rokot di Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan diklaim sudah dibebaskan. Hingga saat ini, menurut Dinas Perhubungan (Dishub) Mentawai hanya tujuh hektar lagi yang belum dibebaskan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Dishub Mentawai, Parlinus menyebutkan pembebasan lahan untuk Bandara Rokot sudah rampung hingga 90 persen, hanya 10 persen lagi yang belum.

“Total keseluruhan lahan itu 43 hektar, hanya tinggal tujuh hektar lagi yang akan kita usahakan untuk pembebsan lahan,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Selasa (17/9/2019).

Dikatakannya, seluas 36 hektar lahan yang sudah dibebaskan, juga sudah dilakukan pembayaran ganti rugi.

“Pengembangan Bandara Rokot ini direncanakan di atas lahan seluas 43 hektar, hanya sebagian kecil saja yang belum dibebaskan untuk dilanjutkan pembangunan,” jelasnya.

Menurut Parlinus, pengembangan Bandara Rokot masuk salah satu program strategis nasional, yang diprioritaskan pemerintah. “Kita pastikan pengembangan Bandara Rokot dimulai 2020 nanti,” ucapnya.

Dikatakannya, Bappenas dan Kementerian Perhubungan sudah monitoring ke lokasi, Sabtu (7/9/2019) lalu, dan menegaskan agar Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai secepatnya menyelesaikan persoalan pembebasan lahan sebelum pembangunann dimulai.

“Bappenas dan Kemenhub sudah datang ke lokasi, mereka menagaskan agar kita segera menuntaskan persoalan pembebasan lahan,” kata Parlinus. (*/ZE)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Padang-Sicincin Capai 84,65 Persen
Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Padang-Sicincin Capai 84,65 Persen
Langgam.id - Andri Rusta menyebut langkah Andre Rosiade dalam upaya membangun Sumatra Barat (Sumbar) mendapat dukungan dari pemerintah pusat.
Akademisi Akui Kekuatan Lobi dan Jaringan Andre Rosiade di Pusat
progres-mencapai-39-persen-pembangunan-gedung-dprd-padang-butuhkan-rp1174-miliar
Progres Mencapai 39 Persen, Pembangunan Gedung DPRD Padang Butuhkan Rp117,4 Miliar
Strategi Membangun Human Resources Berkualitas
Strategi Membangun Human Resources Berkualitas
Digitalisasi Penyiaran, Gubernur Sumbar: Hadirkan Konten Kearifan Lokal
Mencapai 61 Persen, Gubernur Target Pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru Tuntas 2 Bulan Ini
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pembebasan lahan tol Padang-Sicincin di penlok 2 tersisa sebanyak 547 bidang tanah lagi.
Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Penlok 2 Tinggal 547 Bidang Lagi