12 Daerah di Sumbar Diminta Waspada, BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hingga Malam

Malam Ini Hingga Besok, Sejumlah Daerah di Sumbar Berpotensi Dikepung Hujan

Ilustrasi prakiraan cuaca. [Website BMKG]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: 12 Daerah di Sumbar Diminta Waspada, BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hingga Malam.

Langgam.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan berintensitas sedang hingga lebat bakal terjadi di 12 daerah di Sumatra Barat (Sumbar) Kamis (17/3/2022). Warga Sumbar diminta waspada cuaca ekstrem hingga malam.

Selain hujan, BMKG juga melihat potensi terjadinya kilat, petir atau angin kencang. Sedikitnya, ada 12 daerah yang terpantau bercuaca buruk hingga malam.

Daerah yang berpotensi hujan itu, yakni Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat dan Pasaman. Hal serupa dimungkinkan juga terjadi di Limapuluh Kota, Sijunjung. Agam hingga Padang Panjang.

Kota dan Kabupaten Solok juga sama. Termasuk kabupaten tetangganya, Solok Selatan seperti dirilis dalam situs resmi BMKG.

Selanjutnya daerah di kawasan Pesisir Pantai seperti Padang Pariaman, Pariaman hingga Pesisir Selatan. Sejak pagi, wilayah yang disebutkan sudah mulai diguyur hujan dengan intensitas berbeda.

Di Pesisir Selatan, hujan mengguyur hampir di seluruh kecamatan. Hingga siang sekitar pukul 12.27 WIB, hujan sudah mulai reda namun kemungkinan terjadi angin kencang masih terlihat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat dalam story instagramnya juga mengingatkan agar masyarakat waspada. Sebab, tulisnya, sejumlah daerah di Sumbar diguyur hujan termasuk ibu kota provinsi, yakni Kota Padang.

"Sejumlah daerah di Sumbar diguyur hujan. Dunsanak yang melakukan perjalanan, tetap waspada dan hati-hati," tulis BPBD Sumbar.

Kewaspadaan penting mengingat adanya ancaman terjadinya hal tak terduga selama perjalanan. Selain kondisi jalanan, pepohonan sekitar ruas jalan juga patut diwaspadai saat angin kencang.

Baca juga: Akibat Pohon Tumbang, Jalur Bukittinggi-Medan Sempat Putus Total 2 Jam

Seperti di Jalan Bukittinggi-Medan, pohon tumbang di Jorong Batang Palupuah, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam pagi tadi. Akibatnya arus lalu lintas lumpuh total selama sekitar dua jam.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis