Wali Kota Padang Klaim Realisasi Progul Lebihi Target per Bulan Oktober

Wali Kota Padang Klaim Realisasi Progul Lebihi Target per Bulan Oktober

Wako Padang Hendri Septa jabarkan upaya atasi bencana. (Foto: Diskominfo)

Langgam.id - Wali Kota Padang Hendri Septa mengungkapkan realisasi capaian program unggulan (progul) Pemerintah Kota Padang yang tertuang dalam RPJMD Kota Padang tahun 2019-2024 melebihi target yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah, per Oktober ini capaian Progul Pemerintah Kota Padang untuk tahun 2023 ini sudah 105,84 % dan ini melebihi target yang telah ditetapkan," ujarnya sewaktu memimpin Rapat Capaian Progul Pemerintah Kota Padang tahun 2023 bersama pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Padang, di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, kemarin, dan dicuplik dari InfoPublik Padang, Sabtu (28/10/2023).

Menurutnya, hal itu disebabkan 11 dari program unggulan yang janjikan kepada masyarakat, 3 diantaranya sudah melebihi target diatas 100%, yakni betonisasi jalan lingkungan, penyediaan rumah bersubsidi, revitalisasi sarana olahraga tingkat RT/RW, serta pembangunan gedung Youth Center.

Wako Hendri Septa merinci, progul pertama melanjutkan betonisasi jalan lingkungan, pengaspalan dan pelebaran jalan serta perbaikan drainase dan pengendalian banjir terpadu, tercapai melebihi target yakni sebesar 244,97 persen.

Progul kedua, meningkatkan efektivitas reformasi birokrasi, budaya kerja aparatur dan pelayanan publik sudah tercapai 80 persen. Progul ketiga, melanjutkan pengembangan kawasan wisata terpadu gunung padang, pulau-pulau kecil, wilayah Timur Kota Padang sudah tercapai 69,78 persen.

Progul keempat, melanjutkan penyelenggaraan pesantren Ramadhan, kegiatan keagamaan, seni budaya dan olahraga yang lebih berkualitas sudah tercapai 100 persen.

Progul kelima, melanjutkan penataan angkutan umum dengan pembukaan koridor baru Trans Padang serta melakukan Manajemen dan rekayasa Lalu lintas untuk memperlancar pergerakan orang dan barang sudah tercapai sebesar 90 persen.

Progul ke enam membangun 500 ruang kelas baru untuk SD dan SMP sudah tercapai sebesar 93,35 persen. Progul Ketujuh Revitalisasi sarana prasarana olahraga tingkat RT/RW dan membuat taman kota 1 per kecamatan serta membangun pusat kreativitas dan inovasi pemuda (youth center) tercapai melebihi target yakni 111 persen.

Progul kedelapan, meningkatkan dana stimulan kecamatan Rp 1 Miliar, dan dana kelurahan Rp. 100.000.000,- serta meningkatkan dana operasional RT, RW, Guru TPA/MDA dan Imam Masjid sudah tercapai sebesar 45 persen.

Program ke sembilan, meningkatkan indeks kemudahan berusaha di Kota Padang sudah tercapai sebesar 78 persen. Program kesepuluh, mendorong penyediaan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah tercapai melebihi target yakni sebesar 152,10 persen, dan Progul ke sebelas, membangun kampung tematik dalam pengembangan ekonomi lokal masyarakat berdasarkan Potensi wilayah sudah tercapai 100 persen.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang yang telah bekerja keras dalam mencapai realisasi Progul Pemerintah Kota Padang. Beberapa capaian yang masih rendah dari Progul ini akan kita kejar menjelang akhir tahun 2023 ini," tandas Hendri Septa. (*/Yh)

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M