Ungkap 3 Kasus Narkoba, BNNK Pasbar Tangkap 5 Pengedar

BNNK Pasaman Barat

BNNK Pasaman Barat (foto: Iyan/Langgam.id)

Langgam.id - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat berhasil mengungkap tiga kasus penyalahgunaan narkoba dengan lima orang tersangka sejak awal tahun 2020. BNNK memantau terjadi trend perubahan dari penyalahgunaan dari ganja ke sabu.

Kepala BNNK Pasaman Barat Irwan Effenry mengatakan, dari tiga kasus yang berhasil diungkap. Dua diantaranya sudah dijatuhi vonis penjara, dengan rentang tiga hingga enam tahun kurungan.

Kasus pertama diungkap 24 Januari 2020, dengan satu tersangka dan sudah divonis 5,4 tahun penjara. Kasus kedua, 19 Februari 2020 dengan dua tersangka, dan sudah divonis emoat dan tiga tahun kurungan penjara. Sementara kasus ketiga, diungkap 20 Juli 2020 dengan dua tersangka dan masih dalam proses hukum.

"Semua yang kita tangkap merupakan pengedar di beberapa daerah dan mereka diduga terlibat dalam jaringan dengan total BB 1,21 gram," ujarnya, Selasa (11/08).

Irwan Effenry menambahkan, upaya pemberantasan narkoba terus diintensifkan dengan bekerjasama dengan lintas sektoral untuk mempersempit gerak peredaran narkoba. Bekerjasama dengan Pemda, Nagari dan swasta diharapkan mampu memberantas bandar dan menyelamatkan generasi muda dari ancaman narkoba.

"BNNK siap bekerjasama dengan lembaga lain, dan mendorong nagari melahirkan Peraturan Nagari (Perna) untuk mencegah peredaran narkoba," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumbar Ringkus Pengedar Sabu Lintas Provinsi di Sijunjung

Sejak awal tahun, BNNK Pasaman Barat sudah melakukan rehabilitasi rawat jalan dan rawat inap terhadap korban dari Penyalahgunaan narkoba. Serta melakukan razia dan tes urine terhadap orang yang dicurigai atau tempat hiburan malam.

"Korban penyalahgunaan narkoba harus menjadi perhatian bersama dan dilakukan pertolongan," ujarnya.

BNNK Pasaman meminta masyarakat bisa memanfaatkan klinik dan sarana rehabilitasi yang ada, serta memberikan informasi jika mengetahui adanya penyalahgunaan narkoba.(Iyan/ABW).

Tag:

Baca Juga

Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Agam menangkap seorang pria berinisial MSH (32) yang merupakan pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu
Seorang Pria Ditangkap di Agam, 4 Paket Sabu Diamankan
Program Kelurahan Bersinar, Cara Padang Menuju Bebas Narkoba
Program Kelurahan Bersinar, Cara Padang Menuju Bebas Narkoba
Langgam.id - Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Dharmasraya berhasil meringkus dua pria yang diduga menyalahgunakan narkotika jenis Sabu.
Selama Enam Bulan, Polresta Bukittinggi Terbitkan 38 Laporan Polisi Terkait Narkoba
Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pria berinisial Nas (46) yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan
Polisi Ciduk Dua Orang yang Transaksi Sabu di Payakumbuh, Satu Tersangka Kabur
Satres Narkoba Polres Padang Panjang menangkap residivis penyalahgunaan narkoba berinisial RC (42) di balai pemuda di Kampung Teleng,
Simpan Sabu, Residivis Kasus Narkoba Kembali Diciduk Polisi
Diduga menjual dan mengedarkan narkotika jenis sabu, pasangan suami istri (pasutri) ditangkap Sat Narkoba Polres Payakumbuh pada Minggu
Diduga Edarkan Sabu, Pasutri di Payakumbuh Diamankan Polisi