Turun Dibanding Tahun Lalu, Hewan Kurban di Padang Hanya 7.053 Ekor

Sapi kurban Presiden Jokowi untuk Sumbar berasal dari peternak Kota Solok. (Foto: istimewa)

Sapi kurban Presiden Jokowi untuk Sumbar berasal dari peternak Kota Solok. (Foto: istimewa)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang mencatat jumlah hewan kurban di daerah itu tahun ini sebanyak 7.053 ekor dan sedikit menurun dari tahun sebelumnya yang melebihi 7.400 ekor. Penurunan itu dinilai karena dampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat menyebutkan dari 7.053 hewan kurban yang disembelih hari raya kurban, Jumat (31/7/2020), sebanyak 6.000 ekor lebih adalah jenis sapi dan sekitar 800 ekor lebih kambing.

"Untuk tahun ini sebanyak 7.053 ekor yang dikurbankan warga Padang. Itu lebih 6.000 ekor adalah sapi, sedangkan kambing 800 ekor lebih," ujarnya dikutip dari laman resmi Pemko Padang.

Selain sapi dan kambing, Syahrial menyebutkan tahun ini juga ada warga yang menyembelih dua ekor kerbau untuk dikurbankan.

Ia mengatakan dampak pandemi Covid-19, satu rumah ibadah di Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah tidak melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini.

"Kami dapat informasi ada rumah ibadah tidak melaksanakan kurban tahun ini, tepatnya rumah ibadah di Batang Kabung Ganting, Koto Tangah," katanya.

Syahrial Kamat menyebutkan sesuai arahan Wali Kota Padang agar di rumah ibadah tersebut tetap dilakukan penyembelihan hewan kurban.

“Pak Wali Kota akan mengusahakan agar dilaksanakan pemotongan hewan kurban di masjid tersebut sehingga rasa saling berbagi di tengah masyarakat pada masa pandemi Covid-19 ini tetap terawat,” katanya. (rls/HF)

Baca Juga

Anggota Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meyakini, pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran
Prabowo Kurban Ratusan Sapi, Andre Rosiade: Rasa Syukur Pemilu Lancar
Harga 10 Komoditas Pangan di Padang Panjang Turun
Harga 10 Komoditas Pangan di Padang Panjang Turun
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) menjamin stok LPG dalam keadaan aman dan tersedia di Sumbar saat Idul Adha
Pertamina Jamin Stok LPG 3 Kg di Sumbar saat Idul Adha 1445 H
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman