Tim Fakhrizal-Genius Serahkan Perbaikan Gugatan ke Bawaslu Sumbar

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar dari jalur perseorangan Fakhrizal-Genius Umar memberikan pernyataan kepada awak media di posko pemenangan. (Foto: Irwanda)

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar dari jalur perseorangan Fakhrizal-Genius Umar memberikan pernyataan kepada awak media di posko pemenangan. (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Tim bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) jalur perseorangan Fakhrizal-Genius Umar menyerahkan perbaikan gugatan ke Bawaslu Sumbar, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Laporan Tim Fakhrizal-Genius ke Bawaslu Sumbar Belum Penuhi Syarat

Kuasa Hukum Fakhrizal-Genius, Virza Benzani mengatakan, sebelumnya mereka telah menyerahkan sejumlah syarat. Namun, masih kekurangan daftar bukti-bukti dan itu diserahkan kembali ke Bawaslu.

"Jadi bukti itu tadi kita serahkan, kemudian ada surat permohonan yang kita betulkan pengetikannya, itu sudah lengkap, kita menunggu tahap registrasi dari Bawaslu," katanya.

Besok atau dua hari ke depan akan diketahui apakah bisa diregister atau tidak. Saat telah diregister, maka akan dilanjutkan dengan sidang. Menurutnya, Bawaslu harus menyelesaikan secara profesional.

"Kita berharap KPU juga bisa bertindak profesional, seperti tidak mengambil kebijakan di luar kewenangannya," katanya.

Salah satu yang dipermasalahkan yaitu form B 51 KWK yang dinilai tidak seharusnya ada. Kemudian, banyak petugas KPU yang hanya satu kali menemui pendukung, sehingga banyak dukungan yang hilang.

"Kita juga berharap bisa mendapatkan hak kita sebagai bakal pasangan calon, sebab proses ini masih berjalan pada bulan Agustus ini," katanya.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Kembalikan Permohonan Sengketa Tim Fakhrizal-Genius Umar

Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumbar Alni mengatakan, mereka sebelumnya sudah mengajukan permohonan sengketa, kemudian diminta melakukan perbaikan berkas. Hari ini (red_), mereka mengembalikan perbaikan tersebut.

"Besok akan melaksanakan rapat pleno untuk mengetahui apakah perbaikannya memenuhi syarat formil dan memenuhi syarat materil atau tidak," katanya.

Jika nantinya diputuskan telah memenuhi syarat formil dan materil, maka Bawaslu Sumbar akan melakukan register terhadap perkara itu. Sebelumnya, ada beberapa item dan kekurangan daftar bukti sehingga diminta untuk menambah alat bukti itu.

"Kalau permohonan itu tidak memenuhi syarat tentu tidak bisa kami register, tentu kami cari tahu dulu dalam rapat pleno," ujarnya. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU