Tari Piring Massal yang Digagas Polres Solsel Pecahkan Rekor MURI

Tari Piring Massal yang Digagas Polres Solsel Pecahkan Rekor MURI

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menerima penghargaan pemecahan Rekor MURI tari piring terbanyak di Solok Selatan (ist)

Langgam.id - Penampilan tari piring di Solok Selatan (Solsel) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kategori pagelaran penari piring terbanyak . Perhelatan yang digagas Polres Solsel ini melibatkan sebanyak 2.890 orang penari yang terdiri dari pelajar, Polwan, Bhayangkari dan Persit.

“Kami pastikan memecahkan rekor dunia. Sebab, tari piring merupakan kesenian tradisional yang hanya ada di Sumbar dan pagelaran hari ini merupakan penari piring terbanyak di dunia,” kata Senior Manager MURI Triyono di Solok Selatan, Minggu (22/9/2019).

Menurutnya, penampilan tari piring ini merupakan salah satu cara daerah merawat budaya. Apalagi dengan pemecahan rekor MURI ini, Solok Selatan dan tari piringnya akan dikenal di seluruh dunia.

Piagam penghargaan MURI ini sendiri diterima oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal didampingi Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, tidak mudah mengumpulkan ribuan penari seperti yang disaksikan hari ini. Ke depan ia berharap pagelaran seni budaya ini tetap subur di tengah kehidupan masyarakat.

“Saya siap mendukung kegiatan positif seperti ini,” ujarnya.

Bupati Solsel Muzni Zakaria mengaku setuju jika pagelaran ini dijadikan agenda tahunan di Solok Selatan. “Kalau sekadar tari piring, semua daerah ada dan menggelarnya. Tapi yang penarinya ribuan orang hanya di Solok Selatan,” katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Solok Kota pada Kamis (18/7). Sertijab ini
Jabatan Kapolres Solok Kota Berganti, Kini Dijabat AKBP Abdus Syukur Felani
Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
LBH Padang memberikan tanggapannya terkait konferensi pers yang dilakukan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono atas meninggalnya AM,
Tanggapi Pernyataan Kapolda Soal Kematian AM, LBH: Berhenti Lindungi Pelaku, Proses Mereka Semua
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi