Satpol PP Padang Kembali Tertibkan PKL di Depan Kampus UPI

Satpol PP Padang kembali melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima di depan kampus Universitas Putra Indonesia (UPI), Rabu (3/7/2024).

Penertiban PKL di depan kampus UPI di Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. [foto: Satpol PP Padang]

Langgam.id - Satpol PP Padang kembali melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima di depan kampus Universitas Putra Indonesia (UPI), Rabu (3/7/2024).

Sebelumnya, petugas penegak peraturan daerah (perda) tersebut juga telah sering melakukan penertiban PKL di kawasan tersebut, malahan ada yang menjalani proses persidangan.

Kabid Trantibum Tranmas Satpol PP Padang, Rozaldi Rosman mengungkapkan, rata-rata yang berjualan di depan kampus UPI tersebut sudah mulai tertib.

Namun karena masih adanya satu atau dua orang pedagang yang masih nakal dan nekat untuk berjualan di badan jalan di kawasan Kecamatan Lubuk Begalung tersebut, memicu pedagang lainnya ikut berjualan

Akibat keberadaan para PKL tersebut, kata Rozaldi, menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat di lokasi itu.

"Kita tidak ingin Trantibum tergangu di sepanjang Jalan Aru, Lubuk Begalung Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung tersebut, maka kita lakukan pengawasan," ujarnya.

"Dan kembali kita tertibkan pedagang es yang mengunakan badan jalan yang memicu pedagang lainnya yang sudah tertib untuk ikut kembali berjualan di badan jalan," beber Rozaldi.

Satpol PP Padang pun kemudian mengamankan beberapa tenda, kursi, mesin press, serta gerobak milik pedagang yang melanggar. Hal ini sebagai barang bukti pelanggaran yang dilakukan oleh pedagang.

"Pedagang melanggar Perda 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Terkait PKL yang tidak mengindahkan teguran petugas, terpaksa kita lakukan tindakan tegas dan semua akan kita usulkan untuk di sidangkan sesuai aturan yang berlaku," tuturnya.

Ia mengharapkan kepada warga yang berprofesi sebagai pedagang, agar ikut menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di lokasi tempat berjualannya serta tetap mematuhi aturan yang berlaku. (*/yki)

Baca Juga

Sebanyak 13 orang diamankan Satpol PP Padang pada Kamis dini hari (11/7/2024). Mereka yang terjaring tersebut terdiri dari enam orang
Satpol PP Padang Amankan 13 Muda-mudi, 7 di Antaranya Diduga Konsumsi Alkohol
Satpol PP Padang menertibkan belasan bangunan liar yang berdiri di atas trotoar Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kamis
Langgar Perda, Belasan Bangunan Liar di Kelurahan Padang Pasir Ditertibkan Petugas
Personel Satpol PP Padang Copot Ratusan Baliho dan Poster Liar
Personel Satpol PP Padang Copot Ratusan Baliho dan Poster Liar
Satpol PP Padang membongkar empat lapak PKL dan dan satu bangunan liar di kawasan Pantai Padang, tepatnya dibawah jembatan Danau Cimpago,
4 Lapak PKL dan 1 Bangli di Pantai Padang Dibongkar Satpol PP
Nyaris Diamuk Massa, Satpol PP Padang Amankan 2 Pasangan Muda Mudi dari Kosan di Lubeg
Nyaris Diamuk Massa, Satpol PP Padang Amankan 2 Pasangan Muda Mudi dari Kosan di Lubeg
Satpol PP Kota Padang menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan Lapau Panjang Cimpago (LPC), Pantai Padang,
PKL Bandel di Pantai Padang Ditertibkan, Kursi hingga Payung Lipat Diangkut