Realisasi Dana Desa di Pesisir Selatan Capai Rp 34 Miliar Hingga Maret 2022

Realisasi Dana Desa di Pesisir Selatan Capai Rp 34 Miliar Hingga Maret 2022

Kabid Pemerintahan Nagari pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pesisir Selatan Loli Nofita. [Foto: Kominfo]

Berita Pesisir Selatan - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Realisasi Dana Desa di Pesisir Selatan Capai Rp 34 Miliar Hingga Maret 2022.

Langgam.id - Realisasi dana desa (DD) di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai Rp 34 miliar hingga Maret 2022. Atau, sebesar 21 persen dari total anggaran tahun ini.

Kepala Bidang Pemerintahan Nagari pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalaian Penduduk dan Keluarga Berencana Loli Nofita mengatakan, total alokasi DD Pesisir Selatan tahun 2022 sebesar Rp 161 miliar.

"Dana desa ini bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara, red). Sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan alokasi anggaran tahun 2021," kata Loli Nofita.

Dijelaskan, pada tahun 2021, alokasi DD di Pesisir Selatan sebesar Rp 169 miliar. Sementara tahun ini hanya Rp 161 miliar atau berkurang sebesar Rp 8 miliar.

DD tersebut akan dimanfaatkan oleh 182 nagari sesuai peruntukkan masing-masing. "Sebab, di tengah pandemi Covid-19 ini juga terdapat sejumlah program yang harus dilaksanakan oleh pemerintah nagari," katanya.

Pemanfaatan DD, lanjutnya, untuk program ketahanan pangan dan hewani yang akan menghabiskan anggaran sebesar 20 persen. Selanjutnya, program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"BLT ini, alokasi anggaran terbesar, yaitu 40 persen. Dilanjutkan dengan program percepatan penanganan Covid-19 sebesar 8 persen," tutur Loli.

Dari hitungan tersebut, 68 DD bakal digunakan untuk tiga program yang telah ditetapkan pemerintah. Sementara, sisanya sebesar 32 persen dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan prioritas di tiap nagari.

Selain DD yang bersumber dari APBN, tahun ini, alokasi ADD yang bersumber dari APBD juga mengalami penurunan.

"Tahun lalu, ADD mencapai Rp 81 miliar. Tahun 2022 berkurang menjadi Rp 79 miliar," katanya.

Diketahui, sebelumnya, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan Riko ZA Musti mengingatkan agar pemerintah nagari lebih berhati-hati menggunakan DD. Anggaran harus tepat sasaran sehingga tidak menjadi persoalan hukum di kemudian hari.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Muslim di Pesisir Selatan Laksanakan Puasa Nisfu Syaban

"Kami mengimbau agar pemanfaatan DD sesuai peruntukkan. Jangan diselewengkan," tuturnya.

Dapatkan update berita Pesisir Selatan – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Ketua DPP PPP Bidang Politik dan Pemerintahan, Audy Joinaldy mengantarkan bakal calon legislatif (bacaleg) partainya ke KPU Sumbar
Jelang Pilkada 2024, Audy Joinaldy Mundur dari PPP
Cukup mengagetkan bagi publik Sumatera Barat ketika Wakil Gubernur Audy Joinaldy (Audy) memasang baliho yang menyatakan dirinya sebagai bakal calon gubernur Sumatera Barat 2024-2029.
"Test the Water" Ala Audy Joinaldy
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
ini-sepuluh-iven-berkelas-yang-digelar-taman-budaya-sumbar-sepanjang-tahun-2022
Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar, Pengamat Politik: Kabar Gembira 
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment