Ratusan Polisi Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon untuk Pilgub Sumbar

polsek

Ilustrasi Polisi (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Mencegah adanya kerumunan massa, sebanyak 320 personel polisi gabungan Polda Sumatra Barat (Sumbar) dan Polresta Padang ikut mengamankan tahapan pencabutan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar di Hotel Inna Muara Padang.

Pantauan Langgam.id di lapangan, terlihat sejumlah mobil taktis disiagakan di lokasi.

Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir di Padang, mengatakan, ratusan personel itu ditempatkan di luar gedung dan di dalam serta di sekitar kawasan. "Kita melarang adanya aksi pawai, iring-iringan atau konvoi, baik sebelum penetapan maupun setelah penetapan," ujarnya, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Nomor Urut Paslon Pilkada Sumbar Diundi Besok, Kehadiran Dibatasi

Menurut Imran, sebelum acara dimulai, di sekitar lokasi juga sudah dilakukan pembersihan dan pengaman oleh unit Penjinak Bom (Jibom) Sat brimob Polda Sumbar.

"Ruangan sudah disterilkan oleh petugas sesuai regulasi. Jumlah orang yang masuk juga dibatasi sesuai regulasi KPU Sumbar," ungkapnya.

Diketahui, KPU Sumbar melaksanakan pencabutan nomor urut pasangan calon di Hotel Grand Inna Padang. Penetapan pasangan calon ini dilakukan terbuka, namun jumlah undangan dibatasi untuk meminimalisir penyebaran Corona.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, jumlah undangan saat pencabutan nomor urut pasangan calon maksimal 22 orang dan tidak boleh lebih.

Baca Juga: Ditetapkan KPU, Pasangan Cagub-Cawagub Sumbar Dikawal Polisi 24 Jam

Dijelaskannya, 22 orang tersebut adalah lima orang dari pihak pasangan calon kepala daerah. "Ada empat pasangan calon kepala daerah dan total ada 20 orang," ucapnya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar