Nomor Urut Paslon Pilkada Sumbar Diundi Besok, Kehadiran Dibatasi

Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar

Kanto KPU Sumbar. (Fath/langgam.id)

Langgam.id - Rapat Pleno penetapan Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatra Barat (Sumbar) 2020 selesai dilakukan. Sebanyak 48 pasangan calon kini resmi bersaing berebut suara meraih kursi kepala daerah.

Usai penetapan Paslon itu, tahapan Pilkada dilanjutkan dengan pengundian nomor urut calon yang akan dilakukan besok, Kamis (24/09/2020) di Hotel Inna Muara, Padang. Sama halnya dengan rapat pleno hari ini, pengundian nomor calon juga akan dilakukan dengan jumlah orang terbatas.

"Besok kita langsung pengundian nomor urut. Rencana akan di (Hotel) Inna Muara. Tapi kita dibatasi sekali kehadirannya," kata Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Lengkap 48 Paslon Pilkada di Sumbar

Dalam pengundian nomor urut nanti, yang boleh hadir yaitu pihak KPU, pasangan calon, dua orang tim kampanye masing-masing pasangan, seorang saksi dan seorang penghubung. Sementara Bawaslu akan diwakilkan oleh dua orang utusan.

Kendati demikian, Ketua KPU Sumbar Amnasmen menjelaskan, pengundian nomor urut tersebut akan disiarkan langsung melalui televisi dan Facebook KPU Sumbar.

"Kita akan melakukan pencabutan nomor urut para calon, besok (Kamis) di salah satu hotel dan peserta yang hadir dalam acara tersebut amat terbatas. Itu kami lakukan berdasarkan aturan protokol kesehatan, namun masyarakat bisa melihat langsung melalui televisi dan Facebook milik KPU Sumbar," jelas Amnasmen. (Fath/Yesi/ABW)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU