Positif Corona Melonjak, Operasional Kapal Antar Pulau di Mentawai Dihentikan

Kapal AntarPulau di Mentawai

Sejumlah kapal berlabuh di Dermaga Pokai, Siberut Utara, Mentawai (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Akibat kasus positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar) melonjak, operasional kapal antar pulau di daerah itu diberhentikan untuk sementara waktu.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tohap Nababan. Menurutnya, operasional kapal antar pulau akan diberhentikan mulai hari ini, Selasa (8/9/2020) sampai Senin (22/9/2020).

"Untuk sementara waktu, dilarang membawa penumpang. kapal antar pulau hanya diperbolehkan membawa kebutuhan makanan pokok," ujarnya dikutip dari situs resmi milik Pemkab Mentawai, mentawaikab.go.id, Selasa (8/9/2020).

Selain membawa kebutuhan pokok, jelas Tohap, kapal antar pulau juga diperbolehkan beroperasi jika berkaitan dengan pelaksanaan tugas dalam penanggulangan Corona.

Baca Juga: Pemkab Mentawai Kembali Berlakukan Kebijakan Belajar dari Rumah

"Kalau untuk tugas kedinasan terkait Corona, itu juga harus ada izin tertulis dari gugus tugas," ungkapnya.

Selain kapal antar pulau, kata Tohap, aturan tersebut juga berlaku bagi long boat yang beroperasi di Mentawai.

"Kita berharap masyarakat dapat memahami kebijakan ini agar Virus Corona di Mentawai tidak menyebar lebih luas lagi, ini demi keselamatan kita bersama," katanya.

Baca Juga: Pecah Rekor, Laboratorium FK Unand Periksa 4.650 Spesimen Terkait Covid-19 dalam Sehari

Larangan operasional kapal antar pulau itu juga tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Nomor: 360/445/BUP-2020 terkait penghentian sementara operasional kapal antar pulau. (*/ZE)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Juara I ADWI 2023, Berikut Pesona Desa Muntei Mentawai
Juara I ADWI 2023, Berikut Pesona Desa Muntei Mentawai
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Bakal Diresmikan Presiden, Gubernur Sumbar Tinjau Kesiapan Bandara Rokot Mentawai
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan
Selesai Dibangun, Bandara Baru di Mentawai Siap Dioperasikan Tahun Ini
Bencana longsor terjadi di Dusun Sinabak, Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sabtu (12/8/2023).
Longsor Landa Siberut Selatan Mentawai, Akses Jalan Desa Terputus
Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara memastikan stok BBM di Mentawai dalam keadaan aman. Kepastian itu pasca mendapat laporan
Pertamina Klaim Stok BBM di Mentawai Aman Pasca 2 Kapal Terseret Arus di Padang
Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) mengaku takjub dan terpukau dengan keindahan yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Jurus-jurus Mentawai Keluar dari Status Daerah Tertinggal