Polda Sumbar Tangkap 3 Perampok Bersenpi Antar Provinsi di Lunang Silaut

Polda Sumbar Tangkap 3 Perampok Bersenpi Antar Provinsi di Lunang Silaut

Satu dari tiga orang pelaku yang berhasil ditangkap dan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan luka tembakan di kaki (Foto: Humas Polda Sumbar)

Langgam.id – Ditreskrimum Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat berhasil menangkap tiga orang perampok bersenjata api yang diduga merampok satu unit mobil bermuatan 118 ribu butir telur ayam di Kawasan Lunang Silaut, Pesisir Selatan.

Dirkrimum Polda Sumbar, Kombes Pol Onny Trimurti menyebutkan, penangkapan berawal dari laporan Darwin, sopir mobil Colt Diesel membawa 118 ribu butir telur yang berhasil kabur dari sekapan perampok tersebut.

Kronologis kejadian, kata Onny, ketika Darwin sampai di kawaan Lunang Silaut, ia turun dari mobil untuk memeriksa kondisi ban mobil.

“Tiba-tiba, korban didatangi mobil merek Mitsubishi Strada dengan nomor polisi BA 306 TW. Dari mobil tersebut, keluar dua orang laki-laki menodongkan senjata api kepada Darwin,” ujar Onny melalui rilis yang diterima Langgam.id.

Lalu, Darwin diminta menaiki mobilnya di bawah todongan senjata dari pelaku. Mobil yang menbawa 118 ribu butir telur dibawa ke Muara Rumpit, Provinsi Sumatra Selatan.

Keterangan Darwin, kata Onny, sampai di lokasi, korban dimasukkan ke dalam salah satu ruangan yang ada di sana. Ketika pelaku lengah, korban (Darwin) berhasil melarikan diri, lalu melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

Berdasarkan laporan korban, polisi langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan pelaku saat berada di sebuah rumah makan di Jalan lintas Sumatera Kilometer 79, Kecamatan Muara Rupit, Kabupaten Muratara, Provinsi Sumatera Selatan.

Awaalnya, kata Onny, pelaku berupaya melarikan diri, sehingga polisi mengeluarkan tembakan peringatan dan menembak kaki salah satu pelaku. Hingga akhirnya berhasil ditangkap.

Tiga orang pelaku yang ditangkap, kata Onny, yaitu berinisial AZ, AD dan KM. “Sementara, tiga pelaku lainnya masih berkeliaran dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO),” jelasnya.

Dari pelaku, petugas menemukan dua unit senjata api. Sementara mobil berisi 118 ribu butir telur ayam yang dibawa perampok, masih dalam penyelidikan.

“Pelaku merupakan perampok lintas provinsi yang meliputi Bengkulu, Palembang, Sumbar dan Jambi. Kerugian yang diakibatkan tindakan para pelaku mencapai Rp500 juta. Kita terus melakukan upaya pengembangan untuk menangkap seluruh pelaku,” ucap Onny.

Dikatakannya, ketiga pelaku yang berhasil ditangkap, sudah dibawa ke Mapolda Sumbar untuk dimintai keterangan lanjutan dan pelaku yang tertembak langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Kota Padang untuk mendapatkan perawatan, berinisial KM.

“Pelaku berinisial KM ini merupakan otak perampokan dan masuk dalam daftar pencarian orang di Polda Bengkulu. Ketiga pelaku disangkakan Pasal 365 KUHP,” katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar menggelar Apel Pergeseran Pasukan Personel Polri BKO Pengamanan TPS Pemilu 2024
Amankan TPS, Ini Tantangan Tugas yang Akan Dihadapi Personel Polda Sumbar di Lapangan
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, bahwa Satgas Gabungan Operasi Mantap Brata (OMB) Singgalang 2023-2024
Satgas OMB Singgalang Makin Perketat Pengamanan Objek Pemilu 2024
Polda Sumbar melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) beberapa Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres di jajaran Kepolisian Daerah
Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama dan 6 Kapolres
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan bahwa terjadi peningkatan angka penyelesaian kasus kriminal selama 2023. Termasuk tindak pidana
Kapolda Sumbar: Penyelesaian Kasus Kriminal Meningkat di 2023
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan, bahwa pihaknya telah memberikan sejulah reward dan punishment kepada personelnya selama 2023.
8 Personel Polda Sumbar Diberhentikan Tidak dengan Hormat Selama 2023
Pembentukan Karakter dan Mental, Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sumbar Ikuti Perkemahan Akhir Tahun
Pembentukan Karakter dan Mental, Pramuka Saka Bhayangkara Polda Sumbar Ikuti Perkemahan Akhir Tahun