Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap

Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.

Para pelaku dan barang bukti narkotika jenis ganja yang diamankan Ditresnarkoba Polda Sumbar. [foto: Polda Sumbar]

Langgam.id - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.

Pengungkapan kasus narkoba tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan.

"Iya benar. Ada dua lokasi (tempat kejadian perkara) pengungkapan ganja oleh Ditresnarkoba Polda Sumbar pada Rabu, 3 Juli 2024," ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/7/2024).

Ia menjelaskan, bahwa TKP pertama sekitar pukul 01.58 WIB di pinggir jalan dekat Ranjau-Batu Panti, Taruang-taruang, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman.

Kemudian terangnya, TKP kedua sekitar pukul 02.30 WIB di Jalan Lintas Panti Pasaman Barat, Jorong Kampung Cubadak, Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

Di TKP pertama, kata Dwi, pelaku yang ditangkap yaitu FH (28) dan MH (38) yang merupakan warga Kota Padang. Sedangkan di TKP kedua yaitu G (41) dan K (41), warga Penyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara.

Pada saat pengungkapan pertama, terang Dwi, polisi diamankan barang bukti dua karung goni yang berisikan total 40 paket besar diduga narkotika jenis ganja, dan dua unit handphone android.

"Sedangkan di lokasi penangkapan kedua, berhasil diamankan barang bukti delapan paket besar diduga narkotika jenis ganja, satu paket sedang diduga narkotika jenis ganja, satu unit hanphone serta satu unit sepeda motor," bebernya.

Dwi mengungkapkan bahwa kronologis penangkapan dalam kasus ini setelah dilakukan penyelidikan oleh Timsus Ditresnarkoba Polda Sumbar terhadap hasil pengungkapan sebelumnya pada jaringan narkotika jenis ganja Penyabungan.

"Didapati informasi akan adanya pendistribusian menuju Padang dan Pasaman Barat yang nantinya akan dipecah ke beberapa wilayah Sumbar dan sekitarnya," ucapnya.

Kemudian, kata Dwi, Timsus Ditresnarkoba melakukan pengamatan wilayah di sekitaran perbatasan Sumbar dan Sumut. Dimana terdapat dua titik yaitu Sumut-Sumbar via Rap Pasaman dan perbatasan Sumut-Sumbar via Silaping Pasaman Barat. (*/yki)

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Kuli Bangunan di Padang Simpan Lima Paket Sabu Siap Edar
Operasi Antik Singgalang 2024, Polres Dharmasraya Ringkus 3 Pelaku Pengguna Narkotika