Pemprov Sumbar Resmi Bentuk Satgas Penanganan Virus Corona

Satgas Penanganan Virus Corona Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) membentuk gugus tugas percepatan penanganan penyebaran virus corona di Sumbar.

Gugus tugas tersebut akan melakukan koordinasi penanganan virus corona di lintas sektoral Pemprov Sumbar dengan kabupaten dan kota.

Baca juga : Antisipasi Covid-19, 7 Pasien Diisolasi di RSUP M Djamil Padang

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan pembentukan gugus tugas merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI pada 13 Maret 2020 yang membentuk gugus tugas nasional percepatan penanganan penyebaran virus corona.

Tingkat nasional diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Sementara tingkat Sumbar dia menunjuk Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Erman Rahman yang dibentuk pada 14 Maret 2020.

"Gugus tugas sudah sudah berdiri, sebagian kabupaten kota juga sudah membuat gugus tugas, yang belum selesai nanti menyusul," katanya usai rapat koordinasi penanganan virus corona di Istana Gubernur Sumbar, Senin (16/3/2020).

Bagi kabupaten kota gugus tugas diketuai oleh sekda masing-masing. Mereka nanti akan melakukan rapat-rapat rutin penanganan virus corona. Dia berharap semua kerja gugus tugas tersebut berjalan dengan baik nantinya.

Gugus tugas akan melakukan pendataan, melakukan koordinasi, sinergi, melakukan rapat bersama pihak terkait dan stakeholder. Kemudian juga mengkoordinasikan semua tindak lanjutnya.

"Kerjanya banyak, mereka mengkoordinasikan dengan rumah sakit dan pihak terkait," katanya.

Sementara itu, Ketua gugus tugas penanganan penyebaran virus corona, Erman Rahman mengatakan pihaknya menyikapi setelah pusat menyatakan siaga nasional. Tindak lanjut juga akan dilakukan ke kabupaten kota.

"Langkah awal kita melakukan koordinasi dengan dinas dan intansi terkait, lalu melakukan rapat sehingga penanganan ini cepat kita lakukan," katanya.

Baca juga : Cegah Corona, Ketua DPRD Sumbar Minta Gubernur Liburkan Sekolah

Dia mengatakan semua pihak harus siaga dalam menghadapi virus ini. Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu takut dan menyikapi dengan bijak.

"Mari kita hadapi dengan bijaksana,jaga kebersihan masing-masing tempat di rumah maupun tempat ibadah dan mengurangi berkumpul bersama," katanya. (Rahmadi/ICA)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

sumbar wisata
Sumbar Jadi Tuan Rumah World Islamic Entrepreneur Summit 2023
HUT Satpol PP, Wagub Sumbar: Ingat, Harus Humanis dalam Bertindak
HUT Satpol PP, Wagub Sumbar: Ingat, Harus Humanis dalam Bertindak
Pemprov Sumbar Jajaki Kerja Sama untuk Penggunaan Kendaraan Listrik
Pemprov Sumbar Jajaki Kerja Sama untuk Penggunaan Kendaraan Listrik
Calon Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, formasi cpns
Tutup Tahun 2022, Pemprov Sebut Realisasi Belanja APBD Sumbar Mencapai 94,95 Persen
Evaluasi Akhir Tahun, Pemprov Sumbar Optimistis Realisasi APBD Lebih 94 Persen
Evaluasi Akhir Tahun, Pemprov Sumbar Optimistis Realisasi APBD Lebih 94 Persen
Rincian Realisasi Belanja APBD Sumbar 2022 Tiap OPD, 10 Hari Sebelum Tutup Tahun
Rincian Realisasi Belanja APBD Sumbar 2022 Tiap OPD, 10 Hari Sebelum Tutup Tahun