Pemko Padang Sediakan 2.000 Vaksin Rabies Gratis di GOR H Agus Salim

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang menyediakan 2.000 vaksin rabies gratis bagi masyarakat yang melihara anjing, kucing hingga kera. Vaksin gratis ini diberikan untuk menekan angka kasus penyakit rabies di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Melalui Dinas Pertanian, Pemerintah Kota Padang menempatkan posko vaksin rabies gratis ini di pelataran halaman GOR H Agus Salim Padang setiap hari minggu. Persisnya, berada di depan pintu barat gerbang masuk utama GOR H Agus Salim Padang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, untuk kasus rabies, Sumbar masuk 10 besar Provinsi di Indonesia yang memiliki angka kasus tinggi virus rabies pada hewan peliharaan maupun liar.

"Untuk mencegah dan mengatasi hal itu maka kami sediakan 2.000 vaksin rabies gratis kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan atau pun hewan liar yang ditemukan," kata Syahrial, Minggu (18/10/2020).

Dia mengungkapkan, khusus di Kota Padang, kasus hewan yang terinfeksi rabies dan menggigit manusia sejak Januari 2020 sampai saat ini tercatat sekitar 60 kasus.

"Jadi yang kami antisipasi itu adalah kasus gigitan hewan yang terkena rabies kepada manusia. Untuk itu kami gencarkan pemberian vaksin rabies ini," jelasnya.

Syahrial menyebutkan, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bisa mendatangi posko dengan membawa hewan peliharaan mereka untuk disuntik dengan vaksin rabies.

"Vaksin rabies gratis ini sebenarnya telah kami mulai sejak awal tahun. Namun, karena tidak banyak masyarakat yang mengetahui dan datang ke Dinas Pertanian, maka kami tempatkan posko di kawasan GOR H Agus Salim Padang," tuturnya.

Penyediaan vaksin rabies gratis di kawasan GOR H Agus Salim Padang akan dilakukan sampai akhir bulan Oktober 2020. Selain pemberian vaksin rabies juga ada penerimaan atau permintaan dari masyarakat yang ingin hewan-hewan di komplek atau perumahan mereka diberikan vaksin rabies.

Petugas dari Dinas Pertanian Kota Padang akan mendatangi komplek atau perumahan yang meminta vaksin rabies minimal untuk 10 ekor hewan.

"Kan di perumahan itu banyak hewan peliharaan dan liar, maka jika ingin divaksin, maka tinggal menghubungi Dinas Pertanian," ujarnya. (Irwanda/Osh)

Baca Juga

511,52 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Galodo, Bupati Eka Putra Ajukan Reklamasi Lahan ke Kementan RI
511,52 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Galodo, Bupati Eka Putra Ajukan Reklamasi Lahan ke Kementan RI
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee