Pemko Padang Canangkan Program Ubah Wajah Batang Arau Bersama Andrinof Chaniago

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KLHK menilai Pemko Padang berhasil mengatasi persoalan lingkungan.

Sampah di Batang Arau, Kota Padang. (Foto: Dok. langgam.id)

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Wakil Komisaris PT. Bank Mandiri, Andrinof Chaniago mencanangkan program tiga bulan mengubah wajah Batang Arau.

Wacana program itu juga telah dibahas Pemko Padang bersama mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) tersebut.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita menyambut baik niatan beliau yang berkenan ikut membantu mengubah wajah Batang Arau. Kita tahu Batang Arau merupakan salah satu sungai besar yang ada di Kota Padang. Semoga melalui upaya ini kondisi air sungai tersebut menjadi lebih baik, terutama sekali bersih dari sampah," ujar Hendri dikutip dari rilis Humas Pemko Padang, Selasa (27/9/222).

Lalu, Hendri menyebutkan, bahwa Pemko Padang juga akan terus melakukan berbagai upaya dalam merevitalisasi Batang Arau.

"Berbagai upaya sudah kita lakukan, termasuk mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai tersebut agar tidak membuang sampah ke sungai. Alhamdulillah, semoga dengan adanya rencana dan gagasan dari Pak Andrinof kali ini semakin menguatkan upaya kita bersama-sama mengubah wajah Batang Arau," ungkapnya.

Sementara itu, Andrinof meneyebutkan, Batang Arau merupakan salah satu sungai yang pernah menjadi ikon wisata dan memiliki catatan history di Kota Padang.

"Sungai Batang Arau punya sejarah yang unik. Dahulu, di sepanjang kawasan sungai tersebut pernah menjadi tempat berdagangnya para saudagar. Cukup sayang sekali jika potensi sungai ini tidak dimanfaatkan," ujar Andrinof.

Kemudian, Andrinof mengatakan, bahwa ia memiliki program untuk mengubah wajah Batang Arau dalam rentang waktu tiga bulan.

Baca juga: Batang Arau Paling Tercemar di Pesisir Barat Sumatra, Walhi Sumbar Minta Segera Dipulihkan

"Salah satu dari berbagai upaya yang akan kita lakukan yaitu mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggir sungai dari hulu ke hilir. Semoga dapat kita realisasikan dalam waktu dekat," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemko Payakumbuh gelar rapat evaluasi penanganan sampah di Aula Ngalau lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/1/2024).
Kerja Sama dengan Padang Bakal Berakhir, Pemko Payakumbuh Cari Solusi Atasi Sampah
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Pemprov Sumbar segera menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota untuk mencari solusi penanganan sampah di sejumlah kota/kabupaten pasca
TPA Payakumbuh Longsor, Pemprov Sumbar Segera Rapat dengan Kabupaten/Kota Cari Solusi
Ini Pendapat Walhi Sumbar Terkait Rencana Pembangunan RDF di Padang
Dampak Longsor di Payakumbuh, Sampah Bukittinggi Ditampung di TPA Air Dingin Padang
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini