Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah 7, Total Jadi 55

Kasus Covid-19 Corona

Ilustrasi Peta kasus virus corona (Covid-19) di Sumbar (Langgam.id/pi'i)

Langgam.id- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) merilis penambahan 7 pasien terinfeksi virus corona (Covid-19). Jadi total kasus positif corona di Sumbar hingga Rabu (15/04/2020) pukul 13.00 WIB, jadi 55.

"Terjadi penambahan pasien positif corona di Sumbar sebanyak 7 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Rabu (15/04/2020).

Dari 7 pasien baru itu, kata Jasman, 5 di antaranya berasal dari Kota Padang, 1 dari Kabupaten Tanah Datar dan 1 dari Kabupaten Pasaman Barat.

Adapun 5 pasien dari Kota Padang itu, yakni laki-laki berusia 45 tahun yang merupakan seorang karyawan toko. Dia saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kemudian perempuan berusia 59 tahun, yang merupakan ibu rumah tangga. Dia diketahui istri dari salah seorang pasien positif yang sekarang dirawat di RSUP M Djamil Padang. Namun, saat ini dia isolasi mandiri di rumahnya.

Selanjutnya seorang sopir tangki BBM. Berdasarkan riwayatnya, pria berusia 59 itu terpapar setelah dari luar daerah Sumbar.

Juga ada seorang laki-laki berusia 54 tahun yang saat ini dirawat di RSUP M Djamil Padang karena positif corona. Terpapar dari salah satu pasien PDP yang sedang dalam perawatan di RSUP M Djamil.

"Lalu seorang laki-laki berusia 58 tahun. Karyawan swasta ini diketahui terpapar dari pasien positif sebelumnya yang juga dirawat di M Djamil. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya," ujarnya Jasman yang juga Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar ini.

Sedangkan pasien yang berasal dari Pasaman Barat, seorang perempuan berusia 60 tahun, yang merupakan ibu rumah tangga. Dia diketahui kakak dari pasien positif sebelumnya di Pasaman Barat. Sekarang isolasi  mandiri di rumahnya.

Baca juga: Kontak dengan Pasien yang Dimakamkan di Talamau, 1 Warga Pasaman Barat Positif Covid-19

Selanjutnya, pasien asal Kabupaten Tanah Datar. Perempuan berusia 40 tahun ini terpapar setelah pulang dari lur daerah. Sekarang menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Baca juga: Pulang dari Ambon, 1 Warga Tanah Datar Positif Covid-19

"Semua pasien positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, tetap dalam pengawasan protokol kesehatan yang ketat dari tim paramedis dan tim keamanan," katanya.

Jasman mengatakan, hari ini juga ada seorang pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona. Perempuan berusia 38 tahun yang sempat dirawat di RSUP M Djamil ini, berasal dari Kota Padang dan sekarang sudah pulang ke rumahnya.

"Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemi Covid-19 segera berakhir," katanya.

Baca juga: Pemprov Sumbar Siapkan Laboratorium di Agam untuk Uji Sampel Corona

Berdasarkan data Pemprov Sumbar, orang dalam pemantauan (ODP) hingga saat ini, berjumlah 5.758 orang. Namun, 5.046 di antaranya sudah selesai dipantau dan 712 orang masih dalam proses pemantauan.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) 180 orang. Sebanyak 38 orang di antaranya masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan. Sebanyak 119 lainnya sudah dinyatakan negatif corona dan 23 orang isolasi mandiri di rumah. (Rahmadi/SRP)

Baca Juga

Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Banjir Bandang di Sumbar, Korban Meninggal Dunia Jadi 37 Orang 
Banjir Bandang di Sumbar, Korban Meninggal Dunia Jadi 37 Orang 
Korban Banjir Bandang di Sumbar, BPBD: 34 Orang Meninggal Dunia 
Korban Banjir Bandang di Sumbar, BPBD: 34 Orang Meninggal Dunia 
Cerita Tukang Sablon yang Dibantu Andre Rosiade Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak
Cerita Tukang Sablon yang Dibantu Andre Rosiade Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak