Panitia PPDB Online Sumbar Sebut Ada Pendaftar yang Palsukan Dokumen

Panitia PPDB Sumbar

Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

Langgam.id - Dinas Pendidikan Sumatra Barat (Sumbar) menemukan sejumlah peserta yang memalsukan dokumen saat mengikuti seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMA dan SMK se-Sumbar.

Ketua Panitia PPDB Online Sumbar, Suryanto mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menemukan sejumlah masyarakat yang mendaftarkan anaknya dengan menggunakan dokumen palsu.

"Kita sudah temukan itu ada beberapa dokumen yang dipalsukan, contoh ada masyarakat yang main upload saja pakai Kartu Keluarga (KK) yang ditempel-tempel saja," ujarnya saat kunjungan untuk memantau panitia verifikasi ke SMAN 1 Padang, Rabu (8/7/2020).

Menurut Suryanto, verifikator harus bekerja keras untuk memverifikasi data para pendaftar, termasuk memastikan keabsahan data peserta. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Bagi peserta yang terbukti menggunakan data palsu, maka datanya dianggap tidak valid, karena ia tidak bisa mempertanggungjawabkan keabsahan dokumen secara administrasi.

Baca Juga: Situs PPDB Online Sumbar Ternyata Dibuat Guru dan Siswa SMK 4 Payakumbuh

"Kita panggil bagi datanya yang diragukan, kita lakukan pemeriksaan data berlapis, di sistem ada dan faktual ke lapangan juga," jelasnya.

Baca Juga: Hari Terakhir PPDB Online SMA di Sumbar, 76 Ribu Lebih Siswa Mendaftar

Tidak hanya itu, ditegaskan Suryanto, untuk memastikan keabsahan data para pendaftar, tim verifikator akan bekerjakeras untuk memvalidasi data, termasuk kebenaran jarak rumah peserta didik dengan sekolah. Hak-hak masyarakat harus dilindungi untuk mengikuti PPDB sesuai dengan ketentuan.

"Ini upaya kita untuk untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, ini menyangkut hak-hak masyarakat yang bisa dirugikan akibat dokumen palsu," katanya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah