Sejumlah Lampu Merah By Pass Kacau, Dishub Padang Bilang Begini

Wali Kota Padang, Hendri Septa melakukan pengecekan kondisi traffic light di sepanjang jalan Bypass pada Jumat (5/4/2024). Pengecekan tersebut dilakukan karena permasalahan traffic light

Traffic light di Bypass Balai Baru, Kota Padang. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Sejumlah traffic light atau lampu merah di persimpangan Jalan By Pass Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) seringkali membingungkan pengendara. Sebab lampu hijau sering hidup dalam waktu bersamaan dari dua arah berlawanan.

Seperti yang terjadi di lampu merah Simpang By Pass Balai Baru, Kuranji. Jika lampu lampu hijau hidup dari arah barat, maka lampu hijau dari jalan arah timur juga hidup. Akibatnya, kendaraan bertemu di tengah dari dua arah berbeda.

Sementara itu, lampu lalu lintas yang berada di selatan maupun utara juga tampak berbeda. Keduanya hidup bergantian sehingga tidak bertemu dua kendaraan di tengah persimpangan jalan.

Selain di Simpang By Pass Balai Baru, fenomena itu juga terjadi di Simpang By Pass Kampung Lalang Kuranji dan Simpang By Pass Ketaping. Kondisi ini sudah berlangsung lama, bahkan sejak usai lebaran 2019 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Dian Fakhri, mengaku telah mengetahui permasalahan lampu merah tersebut. Namun pihaknya belum bisa berbuat banyak karena terkendala kewenangan.

Hingga saat ini, pengelolaan lampu merah di sepanjang jalan By Pass belum diserahkan kepada Dishub Kota Padang. Lampu lalu lintas di jalan tersebut dikelola langsung oleh Kementerian Perhubungan lewat Balai Pengelolaan Transportasi Darat.

Termasuk kunci untuk pengaturan lampu lalu lintas tidak dipegang oleh Dishub Kota Padang. Rencananya, pengelolaan lampu lalu lintas tersebut memang akan diserahkan ke Dishub Kota Padang.

"Memang banyak yang menghubungi saya khusus soal By Pass ini. Saya terpaksa menghubungi orang balai yang merupakan wakil Kemenhub, tapi belum diserahkan," katanya saat dihubungi langgam.id, Rabu (12/11/2019).

Dia berharap pengelolaan lampu lalu lintas segera diserahkan ke Dishub Padang. Sehingga pengaturan lampu bisa diperbaiki dan akurat. Kelancaran lampu lalu lintas juga untuk menghindari kecelakaan.

Dijelaskannya, saat ditanya ke Kemenhub, mereka beralasan masih ada alat-alat lampu lalu lintas tersebut yang harus diperbaiki. Sehingga belum bisa diserahkan ke Dishub.

"Sebenarnya kalau kami terima dilema juga jadinya, nanti banyak yang diperbaiki, terpaksa kita membiayai. Jadi begitu kondisinya sekarang," katanya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang