KPU Sumbar: Bila Tak Lolos Jalur Perseorangan, Fakhrizal-Genius Boleh Daftar via Parpol

gerindra tanah datar | kapolri pilkada | Calon Kepala Daerah Independen Sumbar | pilgub sumbar

Ilustrasi Pilkada Sumbar 2020. (Sumber: Pii)

Langgam.id - Syarat dukungan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dari jalur perseorangan Fakhrizal-Genius Umar dinyatakan KPU provinsi belum memenuhi syarat. Tim bakal calon diminta melengkapi syarat yang besar jelang 27 Juli 2020. Bila tak lewat, menurut KPU Sumbar, pasangan ini masih bisa mendaftar melalui jalur partai politik.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan hasil dukungan verifikasi faktual didapatkan totalnya adalah 130.258 orang. Jumlah itu kurang dari minimal yang ditetapkan KPU Sumbar yaitu 316.051 dukungan. Kekurangan dukungan adalah 185.793 orang. Tim Fakhrizal-Genius Umar harus melakukan perbaikan yaitu mengumpulkan dua kali lipat dari angka kekurangan, sehingga tim Fakhrizal harus mengumpulkan 371.586 dukungan lagi.

"Jika kurang dari itu maka KPU tidak akan menerimannya. Penyerahan perbaikan dilakukan pada tanggal 25-27 Juli ini. Kemudian dilanjutkan verifikasi faktual kembali," katanya di Hotel Pangeran Padang, Kamis (24/7/2020).

Baca Juga: Hasil Verifikasi Faktual KPU Sumbar, Fakhrizal-Genius Belum Penuhi Syarat Minimal Dukungan

Jika nanti tidak lolos pada perbaikan tersebut, menurutnya, pasangan Fakhrizal-Genius Umar tidak bisa mendaftarkan diri pada September mendatang lewat jalur independen. Namun mereka memiliki kesempatan bergabung dengan partai politik.

"Seorang calon independen yang gagal bisa mendaftarkan diri ke partai politik, dulu memang ada larangannya, tapi sekarang sudah dicabut, jadi sudah boleh," katanya.

Hal ini diatur dalam Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020, yang salah satunya mengatur soal mekanisme dan syarat pencalonan kepala daerah melalui jalur perseorangan. Peraturan tersebut mengubah peraturan sebelumnya PKPU Nomor 3 Tahun 2017 yang melarang calon independen yang gagal verifikasi faktual maju lewat partai politik.

Baca Juga: Tim Fakhrizal-Genius Adukan KPU Sumbar ke DKPP, Bawaslu dan KPU RI

Sebelumnya, tim pasangan bakal calon Fakhrizal-Genius menolak hasil verifikasi yang ditetapkan KPU Sumbar. Tim pasangan ini berencana mengadukan KPU Sumbar kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar serta KPU Pusat. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU