KPU Mangkir, Musyawarah Perdana Sengketa Pemilu di Bawaslu Sumbar Dilanjutkan Besok

Reydonnyzar Moenek dipanggil ketua Bawaslu Sumbar

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Musyawarah sengketa Pemilu yang dijadwalkan Bawaslu Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat (7/8/2020) terpaksa diskor. Pasalnya, KPU Sumbar tidak menghadiri musyawarah sengketa yang diajukan tim Fakhrizal-Genius Umar.

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, meksi tidak dihadiri KPU Sumbar, pihaknya tetap membuka musyawarah sengketa pemilihan secara resmi sesuai jadwal pukul 14.00 WIB. Namun, sidang akhirnya di skor hingga besok, Sabtu (8/8/2020).

Baca juga: Berkas Lengkap, Bawaslu Sumbar Segera Sidang Gugatan Fakhrizal-Genius

"Kami tetap membuka musyawarah sengketa pemilihan secara resmi. Namun karena pihak termohon KPU Sumbar tidak hadir. Maka kami skor dulu dan akan dilanjutkan besok," katanya.

Surya mengaku tidak mengetahui apa alasan KPU Sumbar tidak menghadiri musyawarah tersebut. Sebab sampai saat ini, pihak KPU Sumbar belum memberikan alasan.

"Secara resmi tidak ada pemberitahuan oleh KPU Sumbar. Kenapa mereka tidak hadir. Padahal sudah diundang," katanya.

"Sidang musyawarah sengketa pemilihan ini tetap akan dilanjutkan. Sesuai dengan aturan bisa dilakukan selama dua hari berturur-turut. Jadi besok bisa dilanjutkan," katanya.

Baca juga: Tim Fakhrizal-Genius Serahkan Perbaikan Gugatan ke Bawaslu Sumbar

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar Divisi Hukum Yanuk Sri Mulyani mengatakan, pihaknya tidak memiliki rencana untuk tidak menghadiri musyawarah. Namun, ketidakhadiran KPU Sumbar disebabkan karena belum ada persiapan sehingga tidak bisa menghadiri musyawarah tersebut.

"Persiapan sengketa ini belum ada dibicarakan bersama-sama dengan komisioner lainnya karena KPU masih ada kegiatan, belum sempat membicarakan itu," katanya.

Menurutnya, sebelum ikut musyawarah harus ada pembahasan terlebih dahulu karena ini menyangkut persoalan lembaga. KPU Sumbar menurutnya akan mempersiakan musyawarah dan akan menghadirinya.

"Kita sudah dengan komunikasi dengan teman-teman, insyallah besok kita mengupayakan kita hadir," katanya. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU