Kontak dengan Perantau yang Positif Corona, 14 Warga Pesisir Selatan Isolasi Mandiri

Pemkab Pesisir Selatan Kembali Fungsikan Rusunawa Painan untuk Tempat Isolasi

Ilustrasi - karantina corona (Foto: Congerdesign/pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak 14 warga Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan menjalani isolasi mandiri. Belasan orang itu diketahui kontak langsung dengan seorang perantau yang dilaporkan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi menyebutkan, perantau itu berasal dari Kecamatan Lengayang dan pulang ke kampung halaman.

"Ia merantau ke Purwakarta dan saat ini sudah tercatat sebagai warga Purwakarta. Pulang menggunakan mobil pribadi, lalu ketika akan balik ke rantau dengan pesawat, saat rapid tes di BIM reaktif dan dilakukan tes swab, hasilnya juga positif," ujarnya, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Masuk Zona Kuning Corona, Pesisir Selatan Protes Pemprov Sumbar

Lalu, dengan positifnya perantau tersebut, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan mentracking siapa saja yang kontak dengan pasien itu selama berada di kampung halaman.

"Hasilnya, 14 orang kontak dengan perantau asal Lengayang ini. Mulai hari ini, Senin (3/8/2020) belasan orang itu sudah diminta untuk isolasi mandiri," paparnya.

Baca Juga: Positif Corona Bertambah, Pesisir Selatan Masuk Zona Kuning

Diketahui, perantau itu berada di kampung halaman selama 10 hari. Pasien itu berjenis kelamin perempuan dengan umur 49 tahun.

Rinaldi mengingatkan, agar warga Kabupaten Pesisir Selatan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. "Intinya, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, jangan sampai kita lengah dengan bahaya dari Covid 19 tersebut," katanya. (*/ZE)

Baca Juga: Kabar Baik, Semua Pasien Positif Corona di Pesisir Selatan Sembuh

Baca Juga

Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Sebanyak 122 wali nagari di Pesisir Selatan diperpanjang masa jabatannya menjadi 8 tahun. Pengukuhan ke-122 wali Bupati Pesisir Selatan,
122 Wali Nagari di Pesisir Selatan Diperpanjang Masa Jabatannya Jadi 8 Tahun
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki