Masuk Zona Kuning Corona, Pesisir Selatan Protes Pemprov Sumbar

Pasien Sembuh Covid-19 Pessel Bertambah 7 Orang

Ilustrasi Corona di Kabupaten Pesisir Selatan (Foto: Fii/Langgam.id)

Langgam.id - Kabupaten Pesisir Selatan keluar dari zona hijau dan ditetapkan sebagai zona kuning setelah salah seorang warga terkonfirmasi positif covid-19. Namun, pemerintah kabupaten setempat meminta Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) merevisi penetapan status tersebut.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pessel Rinaldi Dasar mengatakan, pihaknya meminta Pemprov Sumbar merevisi status zona kuning itu. Sebab, satu warga yang terkonfirmasi positif itu, menurutnya, seharusnya masuk dalam klaster Purwakarta, sesuai alamat KTP.

"Kami telah sampaikan pada Gugus Tugas Provinsi soal itu. Kemudian juga melalui Dinas Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi," kata Rinaldi kepada wartawan, Minggu (2/8/2020).

Namun hingga kini, Gugus Tugas Covid-19 Sumbar belum mengembalikan status Pesisir Selatan dari zona kuning ke zona hijau. Padahal, satu warga positif itu jelas tercatat sebagai warga perantau Pessel yang telah menetap di Purwakarta.

Rinaldi mengakui, warga itu dari Kambang, Kecamatan Lengayang. Namun yang bersangkutan belum menetap selama 14 hari di Pessel. Warga tersebut diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan tes PCR di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Sekarang kami sedang protes status itu. Mudah-mudahan nanti ada perubahan," ujarnya. (*/Irwanda/ICA)

Baca Juga

KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Sebanyak 122 wali nagari di Pesisir Selatan diperpanjang masa jabatannya menjadi 8 tahun. Pengukuhan ke-122 wali Bupati Pesisir Selatan,
122 Wali Nagari di Pesisir Selatan Diperpanjang Masa Jabatannya Jadi 8 Tahun
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang