Kemenag Ganti Logo Halal MUI Jadi Halal Indonesia

Berita terbaru dan terkini hari ini: MUI turut mengomentari kontroversi Logo Halal Indonesia Kemenag yang kini juga viral di media sosial.

Logo Label Hahal. (Foto: Dok. MUI dan Kemenag)

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kemenag melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menetapkan label Halal Indonesia baru yang berlaku secara nasional.

Langgam.id - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menetapkan label Halal Indonesia yang berlaku secara nasional.

Penetapan label Halal Indonesia itu tertuang dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor: 40 tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal.

Keputusan yang ditandatangani langusng Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham itu berlaku efektif mulai 1 Maret 2022.

Menurut Aqil, Label Halal Indonesia wajib digunakan sebagai tanda kehalalan produk sesuai ketentuan yang berlaku.

"Pelaku usaha yang memiliki produk yang telah bersertifikat halal sebelum beroperasinya BPJPH serta masih memiliki stok kemasan dengan label halal dan nomor ketetapan halal MUI, diperkenankan untuk menghabiskan stok kemasan terlebih dahulu," ujar Aqil dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (13/3/2022).

Aqil menegaskan, kebijakan mengganti logo label halal itu, merupakan salah satu upaya mempermudahkan pelaku usaha dalam masa transisi pelaksanaan sertifikasi halal dari yang sebelumnya bersifat sukarela menjadi wajib.

"Pemerintah tentu memahami kondisi di lapangan. Banyak pelaku usaha telah memproduksi kemasan produk dengan label halal MUI. Oleh sebab itu, bagi pelaku usaha yang akan memproduksi kemasan produk untuk stok baru, silakan itu digunakan (Logo Label Halal Indonesia) sesuai ketentuan," ungkapnya.

Baca juga: Kemenag Berikan Sertifikasi Halal Bagi 8 UMK di Sumbar

Aqil juga mengimbau, agar pelaku usaha segera menyesuaikan pencantuman label halal pada produknya sesuai dengan ketentuan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Syaiful Adnan, Sosok Urang Solok di Balik Bingkai Logo Halal Lama
Syaiful Adnan, Sosok Urang Solok di Balik Bingkai Logo Halal Lama
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BPJPH menyediakan 25 ribu kuota sertifikasi halal gratis bagi usaha mikro dan kecil (UMK).
BPJPH Siapkan 25 Ribu Kuota Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK
Berita terbaru dan terkini hari ini: MUI turut mengomentari kontroversi Logo Halal Indonesia Kemenag yang kini juga viral di media sosial.
Soal Logo Halal Indonesia, MUI: Bukan Itu yang Kita Sepakati dengan Kemenag
Dosen UIN Imam Bonjol Nilai Logo Halal Baru Tidak Sesuai Kaidah
Dosen UIN Imam Bonjol Nilai Logo Halal Baru Tidak Sesuai Kaidah
Berita terbaru dan terkini hari ini: Kemenag melalui Kepala BPJPH, Matsuki membantah bahwa Label Halal Indonesia itu jawa sentris.
Kemenag Bantah Label Halal Indonesia Jawa Sentris, Ini Penjelasannya
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Ketya MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar nilai logo halal baru kental menampilkan salah satu budaya
Ketua MUI Sumbar Kritik Logo Halal Baru, Bisa Diplesetkan Jadi Haram dan Tonjolkan Kesukuan