Ini Jadwal Pemutaran Film di Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh

ini-jadwal-pemutaran-film-di-peringatan-18-tahun-tsunami-aceh

Ilustrasi pemutaran film. [Foto: pixabay.com]

Langgam.id - Pemutaran film dalam rangka peringatan 18 tahun tsunami Aceh akan dimulai Sabtu mendatang (24/12/2022). Di hari pertama itu, 14 film dapat ditonton di Indoor Taman Seni dan Budaya Aceh.

Film pertama yang akan diputar, yakni Woe Gampong. Film itu disutradarai oleh Azhari.

Kemudian Kerawang Gayo, sutradaranya Maulana Akbar. Selanjutnya film musikal Laeng Ni Bener Merie, sutradara Hadi Ramnit.

Surat Dari Ahmad yang disutradarai T. Umar menyusul, dilanjutkan Penambalan Sultan Aceh di Mesjid Tuha Indrapuri, sutradara Maulana Akbar.

Selanjutnya Legenda Peteri Ijo, sutradara Amri. Ada lagi film Sulam Rindu, sutradara Maulana Akbar.

Langsir Dames yang disutradarai Davi Abdullah dapat dinikmati selanjutnya. Jadwal tayang akan disusul film karya Edward berjudul Petualangan Sowhat: Su’eb.

Kemudian film Labuhan Bajo, sutradara Leon Lolang, Kinara sutradara Belli Bel Fatjeri, dan Seudati Inong sutradara Teuku Zulfan Fikri. Penyangan akan ditutup dengan film Yasmin, sutradaranya Hadi Ramnit.

Hari berikutnya, ditayangkan film Iskandar Muda episode 1 dan 2 sutradara Masridho Rambey.

Film selanjutnya, Mutiara Pulo sutradara Wilda Sofia. Film keempat Kitab Kuning sutradara Zahloel Yusra. Di hari yang sama, dapat disaksikan Ajarkan Aku Aceh sutradara Davi Abdullah, dan Hikayat Waroeng Kupi sutradara Davi Abdullah.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah I Aceh, Piet Rusdi mengatakan, pasca 18 tahun tsunami melanda, Aceh mulai banyak melahirkan pemuda kreatif yang mampu membuat film sekelas nasional. Film yang dibuat itu sangat penting sebagai bahan edukasi dan referensi bagi masyarakat untuk mengenal dan melestarikan kebudayaan Aceh.

Baca Juga: 18 Film Kreatif Diputar saat Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan pemuda-pemuda kreatif Aceh. Ide segar mereka mampu melahirkan banyak karya film," katanya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

ini-jadwal-pemutaran-film-di-peringatan-18-tahun-tsunami-aceh
18 Film Kreatif Diputar saat Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh
Manfaatkan Ponsel, Masyarakat Adat 3 Provinsi Berlatih Jurnalisme Warga di Padang
Manfaatkan Ponsel, Masyarakat Adat 3 Provinsi Berlatih Jurnalisme Warga di Padang
Polisi Sita Senjata Api dari Tersangka Penipuan yang Mengaku Keturunan Kraton
Polisi Sita Senjata Api dari Tersangka Penipuan yang Mengaku Keturunan Kraton
Konsulat Amerika Serikat Diplomasi Budaya Lewat The Beatbox House di Unand
Konsulat Amerika Serikat Diplomasi Budaya Lewat The Beatbox House di Unand
Membuka lembar kalender pertama di tahun 2023, Open Race Pacu Kuda Kota Payakumbuh digelar di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang
Pacu Kuda di Payakumbuh Jadi Pembuka Kalender Iven Pacuan di Indonesia
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyerahkan sertifikat tanah kepada 30 orang penerima se-Kota Payakumbuh di Balai Kota Payakumbuh
Pj Wako Rida Serahkan Sertifikat Tanah Bagi 30 Penerima se-Payakumbuh