Ini 10 MAN Terbaik di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumbar

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Satu sekolah di Sumbar masuk 10 besar MAN terbaik di Indonesia berdasarkan data dari LTMPT.

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. [foto Kemenag Sumbar]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Satu sekolah di Sumbar masuk 10 besar MAN terbaik di Indonesia berdasarkan data dari LTMPT.

Langgam.id - Satu sekolah di Sumatra Barat (Sumbar) masuk 10 besar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) terbaik di Indonesia berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sebelumnya, LTMPT telah merilis 1.000 sekolah terbaik di seluruh Indonesia berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Sekolah yang diikutkan dalam pengukuran adalah sekolah dengan jumlah peserta yang mengikuti UTBK sebanyak lebih dari 40 orang.

Nilai UTBK 2021 dihitung berdasarkan 60 persen tes potensi skolastik (TPS) dan 40 persen tes kompetensi akademik (TKA).

Berikut ini daftar 10 MAN terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2021 dilansir dari laman LTMPT:

1. MAN Insan Cendekia Serpong

MAN Insan Cendekia Serpon berada di Kota Tangeran Selatan, Banten. Selain berada di posisi pertama di kategori MAN, sekolah ini juga berada di peringkat pertama di Indonesia untuk SMA/MA dengan nilai total 637,807.

2. MAN Insan Cendekia Gorontalo

Sekolah ini berlokasi di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Untuk SMA/MA, MAN Insan Cendekia Gorontalo berada di peringkat ke-25 sekolah terbaik di Indonesia dengan nilai total 597,665.

3. MAN Insan Cendekia Pekalongan

MAN Insan Cendekia Pekalongan berada di peringkat ke-34 SMA/MA terbaik di Indonesia. Sekolah yang berada di Kota Pekalongan, Jawa Tengah ini memiliki nilai total 592,763.

4. MAN 2 Kota Malang

Sekolah yang berada Kota Malang, Jawa Timur ini berada di posisi ke-35 SMA/MA terbaik di Indonesia. Nilai total MAN 2 Kota Kota Malang ialah 592,212.

5. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

MAN Insan Cendekia Padang Pariaman satu-satunya sekolah di Sumbar yang masuk 10 besar MAN terbaik di Indonesia.

Sekolah yang berada di Kabupaten Padang Pariaman menempati posisi 70 SMA/MA terbaik di Indonesia dengan nilai total 579,010.

6. MAN Insan Cendekia Kota Batam

MAN Insan Cendekia Kota Batam berada di peringkat 126 SMA/MA terbaik di Indonesia. Sekolah yang berlokasi di Kota Batam, Kepulauan Riau ini memiliki nilai total 569,553.

7. MAN Insan Cendekia OKI

Sekolah ini berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan. MAN Insan Cendekia OKI berada di peringkat 134 SMA/MA terbaik di Indonesia dengan nilai total 566,963.

8. MAN Insan Cendekia Jambi

MAN Insan Cendekia Jambi berlokasi di Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Sekolah ini berada di posisi 147 SMA/MA terbaik di Indonesia dengan nilai total 563,897.

9. MAN Insan Cendekia Lombok Timur

Sekolah yang berada di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini menempati peringkat 156 SMA/MA terbaik di Indonesia. MAN Insan Cendekia Lombok Timur memiliki nilai total 562,729.

Baca juga: 5 SMA Terbaik di Padang Berdasarkan Nilai UTBK 2021

10. MAN 1 Yogyakarta

MAN 1 Yogyakarta berada di peringkat 174 SMA/MA terbaik di Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2021. Nilai total sekolah ini yaitu 559,950.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi