Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan Ditetapkan 3 April 2022

Berita terbaru dan terkini hari ini: Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan 1443 Hijriah ditetapkan pada tanggal 3 April 2022.

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag RI)

Berita terbaru dan terkini hari ini: Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan 1443 Hijriah ditetapkan pada tanggal 3 April 2022.

Langgam.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 3 April 2022. Penetapan itu berdasarkan hasil Sidang Isbat yang digelar Jumat (1/4/2022).

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, keputusan penetapan awal Ramadan itu diambil berdasarkan hasil Sidang Isbat yang diikuti oleh Komisi VIII DPR, ormas Islam, dan perwakilan negara tetangga.

"Ketinggian hilal di seluruh Indonesia ada pada posisi 1 derajat sampai 2 derajat, 2 menit," ujar Yaqut, Jumat (1/4/2022).

Dari 101 titik pemantauan di Indonesia, kata Yaqut, semuanya tidak melihat hilal. Jadi, lanjut Yaqut, 1 Ramadan 1443 Hijriah itu Minggu (3/4/2022).

Lebih lanjut dijelaskan Yaqut, Kemenerian Agama tahun ini mulai menggunakan kriteria baru penentuan awal bulan Hijriah.

Kriteria itu mengacu pada hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura atau MABIMS.

Selama ini, sebut Yaqut, kriteria hilal yang dipegang oleh Kemenag yaitu pada ketinggian 2 derajat, elongasi 3 derajat dan umur bulan 8 jam.

"MABIMS sepakat untuk mengubah kriteria tersebut menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat," ucapnya.

Diketahui, Sidang Isbat yang digelar hari ini dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, diawali dengan paparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama.

Kemenag juga sudah menetapkan pos pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang tersebar di 101 titik pemantauan di 34 Provinsi di Indonesia.

Tahap kedua, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang dihadiri perwakilan Komisi VIII DPR RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Lalu, juga ada perwakilan sejumlah ormas Islam serta duta besar negara sahabat juga hadir.

Baca juga: Pantauan dari Sumbar, Hilal 1 Ramadan Belum Terlihat

Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat penetapan puasa atau 1 Ramadan oleh Menteri Agama yang disiarkan di stasiun televisi dan media sosial Kementerian Agama.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Batuan Material Gunung Marapi di Agam Mulai Diledakkan
Batuan Material Gunung Marapi di Agam Mulai Diledakkan
Kejati Sumbar menetapkan sembilan orang tersangka dugaan korupsi pengadaan alat praktik SMK di Disdik Sumbar. Dalam kasus ini,
Kejati Tetapkan 9 Tersangka Korupsi Pengadaan Alat Praktik SMK di Disdik Sumbar
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Pengungsi Banjir Lahar Dingin di Agam Bertambah Menjadi 709 Orang
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi
Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi