Hadapi Pilkada 2020, ASN di Sumbar Diminta Netral

gaji asn, asn, asn imlek, cpns 200, jam kerja asn, gaji ke-13, ASN PNS PPPK

Sejumlah ASN mengikuti upacara (Foto: Dok. Kemenpan RB)

Langgam.id – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumatra Barat (Sumbar) dalam menghadapi pesta demokrasi 2020 nanti, diminta untuk netral, tidak terlibat atau berafiliasi dengan partai politik.

Ketua Dewan Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sumatra Barat, Ali Asmar menyebutkan, seluruh ASN jangan sampai terlibat politik praktis. “Terkait netralitas, absolut dan mutlak dilakukan setiap anggota Korpri. Tidak ada boleh memihak kepada calon atau paslon dalam pemilihan kepala daerah nanti,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Jumat (18/10/2019).

Dikatakannya, ada beberapa indikator yang harus dipatuhi seluruh ASN, seperti dilarang melakukan kampanye/deklarasi politik, baik itu secara terbuka atau lewat media sosial.

“Terkait hak politik, tetap ada, ASN tetap bisa memilih dan menyalurkan suara dalam pemilihan kepala daerah nanti,” jelasnya.

Selain itu, Nurhasni, Asisten Komisioner Bidang Promosi dan Advokasi Komisi Aparatur Sipil Negara mengatakan, selain netra, ASN juga harus profesional. Untuk itu, setiap aparatur negara wajib taat pada peraturan perundang-undangan.

“Jangan sampai terlibat kasus pelanggaran tentang netralitas, karena risikonya bisa diberhentikan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, kejadian paling banyak (terkait netralitas ASN), terjadi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, mencapai 200 kasus. Sedangkan di Sumbar, katanya baru tujuh kasus yang terungkap. (*/ZE)

Baca Juga

Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Soroti Maraknya Pelanggaran Netralitas ASN, Bawaslu Mesti Tegas
Serapan anggaran Pemko Padang baru mencapai angka 23 persen memasuki pertengahan tahun 2023. Sekda Padang, Andree Algamar meminta seluruh perangkat kerja daerah untuk mengoptimalkan dan menyegerakan program pembangunan.
Kehadiran ASN Saat Apel Pagi Minim, Sekda Padang Berang
PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat bersaing ketat untuk perebutan kursi DPR RI dari Dapil Sumatra Barat II.
Komisi II dan Pemerintah Sepakat RUU ASN Dibawa ke Paripurna, Guspardi Gaus: Konsep PPPK Diperluas
470 ASN di Agam Terima Satylencana
470 ASN di Agam Terima Satylencana
Pemkab Limapuluh Kota Dapat Kuota 350 Formasi ASN 2023
Pemkab Limapuluh Kota Dapat Kuota 350 Formasi ASN 2023
Bupati Tanah Datar Lantik 241 Pejabat dan Fungsional
Bupati Tanah Datar Lantik 241 Pejabat dan Fungsional