Final, KPU Sumbar Terima Hibah Pilkada 2020 Rp131 Miliar

Final, KPU Sumbar Terima Hibah Pilkada 2020 Rp131 Miliar

Ketua KPU Sumbar Amnasmen (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) mendapatkan dana hibah sebesar Rp131 miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pilkada serentak 2020 mendatang.

Dana itu ditetapkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama KPU Sumbar dengan melakukan penanda tanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dana pilkada tahun 2020 di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, Selasa (29/10/2019).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, proses penandatanganan NPHD selesai sesuai aturan. “Tadi sudah ditandatangani. Alhamdulillah sudah selesai. Ke depan sudah bisa dicairkan,” katanya.

Dia mengatakan, pencairan juga bisa dilakukan pada tahun 2019 atau kapan akan diambil, semua terserah KPU Sumbar. Anggaran tersebut masuk dalam anggaran perubahan 2019 dan APBD 2020.

Sementara, Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, pihaknya semula mengusulkan Rp137 miliar untuk Pilgub dan Pilkada 2020. Kemudian, direalisasikan sebesar Rp131 miliar.

“Mudah-mudahan ini cukup. Dan kita berkomitmen bahwasanya seluruh realisasi anggaran ini kita laksanakan dengan sebaik-baiknya secara transparan, efektif, dan seefisien mungkin," ujarnya.

Saat ini, pihak KPU juga sudah mulai melakukan tahapan Pilkada dengan melakukan sosialisasi dan publikasi. Hal ini juga sudah dimulai beberapa waktu lalu. Kemudian KPU akan melakukan pencairan tahap awal sebesar Rp2,5 miliar.

“KPU akan melakukan proses sosialisasi, publikasi persiapan terhadap calon perseorangan, dan persiapan pembentukan badan adhoc,” tuturnya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan