Disdukcapil se-Sumbar dan Riau Sepakati Kerja Sama Pelayanan Adminduk

Disdukcapil se-Sumbar dan Riau Sepakati Kerja Sama Pelayanan Adminduk

Pertemuan para Kepala Disdukcapil se Sumnar dan Riau. (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Langgam.id - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi, Kabupaten dan Kota di Sumbar serta Riau sepakat melakukan kerja sama dalam pelayanan administrasi kependudukan (adminduk)

Hal ini disampaikan kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kependudukan dan Catatan Sipil ( PPKBK - Dukcapil) Provinsi Sumatera Barat, Novrial, sebagaimana dilansir Humas Pemprov Sumbar, Ahad (17/3/2019).

Menurutnya, kerja sama ini disepakati pada 14-15 Maret 2019 lalu dalam rapat forum bersama Sumbar-Riau di Kabupaten Siak.

"Dalam acara tersebut, ada sharing pengalaman dalam metode pencapaian kinerja dan kreasi inovasi pelayanan oleh Sumbar. Selanjutnya juga saling sharing pengalaman tentang formulasi anggaran, pola dukungan, tim anggaran pemda dan DPRD serta konstruksi dan visualisasi kantor yg representatif oleh Provinsi Riau, ujarnya

Beberapa hal yang disepakati antara Sumbar-Riau dalam acara tersebut, yakni formulasi forum bersama. Kemudian, raker dua kali setahun bergantian di masing-masing provinsi.

Juga pelayanan bersama di wilayah perbatasan Pasaman-Rokan Hulu, Lima Puluh Kota-Kampar serta Sijunjung dan Dharmasraya dengan Kuantan Senggigi. Selain itu, juga penyatuan persyaratan pelayanan dokumen adminduk, fasilitasi dokumen pindah datang antar daerah, dan fasilitasi pelayanan perantau di daerah masing-masing.

"Khusus untuk perantau Sumbar di Riau direncanakan acara pelayanan adminduk perantau di Pekanbaru pada bulan November 2019," kata Novrial.

Pembentukan forum bersama dua provinsi ini pertama kali dilakukan oleh Sumbar dan Riau. "sama halnya dengan pelayanan bersama 19 kab/kota di daerah dengan kinerja rekam cetak terendah tahun lalu." (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Ombudsman Republik Indonesia menggelar Anugerah Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022.
Dharmasraya Raih Predikat Kepatuhan Pelayanan Publik Kualitas Tertinggi dari Ombudsman RI
Ayah Gubernur Sumbar Berpulang, Sutan Riska Sampaikan Belasungkawa
Bupati Sutan Riska Makin Dekatkan Pelayanan Kependudukan pada Masyarakat
Kantor Lurah Tutup Saat Jam Kerja, Ini Peringatan Wako Padang
Kantor Lurah Tutup Saat Jam Kerja, Ini Peringatan Wako Padang
Pemko Padang - Ombudsman RI Teken MoU Pelayanan Publik
Pemko Padang - Ombudsman RI Teken MoU Pelayanan Publik
Langgam.id- Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih
Penilaian Pelayanan Publik, Ombudsman: Dharmasraya dan Payakumbuh Zona Hijau, Pemprov Sumbar Zona Kuning
Langgam.id-Ombudsman Sumbar
Respons Ombudsman Soal Pemda Kaitkan Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Akses Pelayanan Publik