Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan

Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan

Andre Rosiade bersama warga Kuranji, Padang. (Foto: Dok. Tim)

Infolanggam- Pembangunan tol Padang-Sicincin  masih terkendala pembebasan lahan. Sehingga penyelesaian ruas pertama dari tol Padang-Pekanbaru di bagian Sumbar itu belum bisa dipastikan.

Hal ini diketahui setelah anggota Komisi VI DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade bertemu dengan Direktur Operasional II Hutama Karya (HK) Koentjoro di kantornya Jumat (17/5/2024).

Andre yang terus berupaya mengawal pembangunan di Sumbar itu, ingin memperjelas tentang simpang-siurnya informasi penyelesaian jalan sepanjang 36,6 KM itu.

“Masyarakat Sumatra Barat yang saya cintai, hari ni saya bersama Pak Koentjoro dari HK. Saya sengaja datang untuk menanyakan, beberapa hal yang menjadi pembicaraan di Sumbar,” katanya

Kata Andre, yang pertama ditanyakannya adalah tentang perkembangan pembangunan jalan tol. “Pertama, kira-kira kapan sih jalan tol Padang-Sicincin ini selesai? Karena ada yang bilang bulan Juni, bulan Juli, kira-kira kapan selesainya. Lalu kalau masih ada masalah, apa masalahnya? Supaya bisa kita urai dan bantu bersama,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Direktur Operasi III HK Koentjoro mengatakan, masalah tol di Sumbar masih sama, yaitu pembebasan lahan yang lambat. Hingga pertengahan Mei 2024 ini, pembebasan lahan tol Padang-Sicincin belum juga tuntas 100 persen.

“Permasalahan ini, seperti yang bapak ketahui. Persoalan utama adalah pembebasan lahan. Harapan kami, bisa diselesaikan Juni 2024 ini. Masih ada lahan yang belum bebas di KM 33. Lokasinya di Pincuran Tujuah, sekitar ada beberapa bidang lagi. Harus dituntaskan di Juni 2024 ini,” kata Koentjoro.

Koentjoro mengatakan, jika lahan itu bisa dibebaskan pada Mei atau Juni 2024, maka tiga atau empat bulan ke depan pembangunan tol itu bisa diselesaikan.

“Jadi, kami minta Pemda Sumbar memastikan lahan itu bebas agar kami bisa bekerja. Agar pembangunan jalan tol Padang-Sicincin ini bisa diselesaikan,” kata Koentjoro.

Andre Rosiade juga berharap kepada Pemda segera menuntaskan pembebasan lahan yang mengganggu pekerjaan HK.

“Nah, kita tahu sekarang, apa masalahnya. Kalau pembebasan lahan tutas Juni 2024 ini, mungkin Oktober atau November 2024 jalan tol Padang-Sicincin bisa tuntas,” kata Andre.

Baca Juga

PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
Kabar duka datang dari jemaah haji Sumatra Barat (Sumbar). Dimana satu orang jemaah haji Sumbar dari Kloter XII meninggal dunia.
1 Jemaah Haji Kloter XII Asal Sumbar Meninggal Dunia, Andre Rosiade Sampaikan Duka Cita
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade, menemui jamaah haji Kloter XII Kota Padang, Sumbar di Hotel Mashhur, Syisyah, Makkah,
Jelang Armuzna, Andre Rosiade Berbagi 400 Paket Makanan untuk Jamaah Haji Asal Sumbar
Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Zonas Asia Piala Dunia (PD) 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama
Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi PD 2026, Andre Rosiade: Sebuah Pencapaian yang Hebat
Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar, Andre Rosiade mengungkapkan bahwa Gerindra Sumbar berkurban sebanyak 73 ekor sapi.
Andre Rosiade: Gerindra Sumbar Berkurban 73 Ekor Sapi pada Idul Adha 1445 H
Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga kualifikasi Zonas Asia Piala Dunia (PD) 2026 usai mengalahkan Filipina 2-0 di Stadion Utama
Andre Rosiade Gelar Tebak Skor Indonesia Vs Filipina, Hadiahnya Rp25 Juta