Alasan Wako Padang Belum Salurkan BLT Covid-19 Tahap 2

PKS Pilgub Sumbar

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. (Foto Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) tahap dua. Bantuan tersebut merupakan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terimbas covid-19.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, saat ini, Dinas Sosial Kota Padang masih menyiapkan seluruh data warga Padang yang akan menerima bantuan tersebut. Jumlah penerima tahap dua ini sekitar 52 ribu warga.

"Insya Allah kita sedang menyiapkan. Tentu kita juga mengukur kekuatan anggaran, kita juga melakukan penghematan termasuk di pemerintah daerah dan DPRD," katanya di Padang, Selasa (28/7/2020).

Dia mengatakan, dalam peraturannya, memang diminta kesiapan daerah dalam memghadapi covid-19. Selain itu, saat ini kegiatan ekonomi warga juga sudah mulai berjalan.

"Kita berkomitmen untuk memberikan bantuan tahap ke dua. Saya sudah perintahkan Dinsos dan Sekda untuk memproses itu," katanya.

Bantuan pada tahap dua ini akan diberikan dalam bentuk uang tunai. Dia menargetkan bantuan tersebut segera terealisasi. Selain tahap dua, nantinya juga bisa diberikan tahap selanjutnya, namun semua tergantung kesiapan anggaran.

"Data sudah masuk, kita lihat nantinya. Tentu kita lihat juga bagaimana kendala di lapangan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Mastilizal Aye, mengingatkan agar Pemerintah Kota segera mencairkan BLT bagi masyarakat terdampak covid-19.

Dia menjelaskan, Pemko Padang sebelumnya telah menetapkan memberikan bantuan selama tiga bulan yaitu April, Mei, dan bulan Juni. Namun, sampai saat ini, BLT yang terealisasi hanya untuk bulan April. Sementara, dua bulan lagi belum diberikan.

"Anggaran BLT covid-19 itu masih ada, tetapi kita tidak tahu mengapa ini belum juga dicairkan," katanya di Padang, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, Pemko wajib memberikan karena dasarnya peraturan wali kota (Perwako) nomor 33 tahun 2020 tentang pemberian bantuan uang kepada masyarakat terdampak covid-19. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang
Buntut Rekayasa Pencurian, Mahasiswa Geruduk Klinik Athena Milik dr Richard Lee di Padang