Ratusan Polisi Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon untuk Pilgub Sumbar

polsek

Ilustrasi Polisi (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Mencegah adanya kerumunan massa, sebanyak 320 personel polisi gabungan Polda Sumatra Barat (Sumbar) dan Polresta Padang ikut mengamankan tahapan pencabutan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar di Hotel Inna Muara Padang.

Pantauan Langgam.id di lapangan, terlihat sejumlah mobil taktis disiagakan di lokasi.

Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir di Padang, mengatakan, ratusan personel itu ditempatkan di luar gedung dan di dalam serta di sekitar kawasan. "Kita melarang adanya aksi pawai, iring-iringan atau konvoi, baik sebelum penetapan maupun setelah penetapan," ujarnya, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Nomor Urut Paslon Pilkada Sumbar Diundi Besok, Kehadiran Dibatasi

Menurut Imran, sebelum acara dimulai, di sekitar lokasi juga sudah dilakukan pembersihan dan pengaman oleh unit Penjinak Bom (Jibom) Sat brimob Polda Sumbar.

"Ruangan sudah disterilkan oleh petugas sesuai regulasi. Jumlah orang yang masuk juga dibatasi sesuai regulasi KPU Sumbar," ungkapnya.

Diketahui, KPU Sumbar melaksanakan pencabutan nomor urut pasangan calon di Hotel Grand Inna Padang. Penetapan pasangan calon ini dilakukan terbuka, namun jumlah undangan dibatasi untuk meminimalisir penyebaran Corona.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, jumlah undangan saat pencabutan nomor urut pasangan calon maksimal 22 orang dan tidak boleh lebih.

Baca Juga: Ditetapkan KPU, Pasangan Cagub-Cawagub Sumbar Dikawal Polisi 24 Jam

Dijelaskannya, 22 orang tersebut adalah lima orang dari pihak pasangan calon kepala daerah. "Ada empat pasangan calon kepala daerah dan total ada 20 orang," ucapnya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

KPU Sumbar menggelar nonton bareng film berjudul Tepatilah Janji di Bioskop CGV Padang. Kegiatan ini digelar guna meningkatkan partisipasi
Targetkan Partisipasi 75 Persen di Pilkada, KPU Sumbar Edukasi Pemilih Melalui Film
Pelaksana Harian Ketua KPU Sumbar, Jons Manedi mengatakan bahwa masih ada waktu 46 hari menjelang Pilkada Serentak di Sumatra Barat.
KPU Sumbar Jadwalkan 2 Kali Debat Publik, 13 dan 20 November 2024
KPU Sumbar keberatan atas penggunaan pada spanduk atau flayer yang mengajak masyarakat untuk memilih kotak kosong Pilkada Dharmasraya.
Ada Spanduk Ajakan Pilih Kotak Kosong di Dharmasraya, KPU Sumbar Minta Ditertibkan
KPU Sumbar keberatan atas penggunaan pada spanduk atau flayer yang mengajak masyarakat untuk memilih kotak kosong Pilkada Dharmasraya.
KPU Sumbar Tetapkan Batasan Pengeluaran Dana Kampanye Pilgub 2024 Rp272,1 Miliar
Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024: KPU Tekankan Pentingnya Demokrasi Bermartabat
Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024: KPU Tekankan Pentingnya Demokrasi Bermartabat
KPU Sumbar menyatakan bahwa syarat pencalonan dari dua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat dinyatakan memenuhi syarat.
2 Paslon Gubernur dan Wagub Penuhi Syarat Pencalonan, KPU Sumbar: Masih Ada Perbaikan