Feri Amsari Nilai Andre Rosiade Gerebek Pekerja Seks Tak Sesuai Tupoksi

Feri Amsari Nilai Andre Rosiade

Direktur PUSaKO Unand, Feri Amsari (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Aksi penggerebekan prostitusi online yang dilakukan anggota DPR RI, Andre Rosiade bersama pihak kepolisian di kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) terus menuai kritikan dari berbagai pihak. Apalagi, kasus ini diduga telah direncanakan oleh Politikus Gerindra tersebut.

Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas, Feri Amsari juga menyayangkan aksi penggerebekan itu. Feri menilai, tupoksi Andre Rosiade selaku anggota komisi VI tidak sesuai dengan apa yang dilakukannya.

"Komisinya tidak matching," ujar Feri dalam diskusi berkala menjelang pilkada dengan tema "Kisruh Kinerja DPR dan Prostitusi Online" yang dilaksanakan di Kedai Kopi Teduh, Kota Padang, Rabu (12/2/2020).

Feri berpendapat, seharusnya Andre Rosiade mencari relasi tugas yang terjadi di Sumbar, kemudian disesuaikan dalam tupoksinya sebagai anggota DPR RI Komisi VI. Hal ini akan ada korelasinya terhadap Andre Rosiade itu sendiri.

"Apa yang terjadi dengan Pak Andre, menurut saya betul-betul kesalahan fatal. Kalau dikaitkan kesalahan fatal itu dengan apa yang harus dilakukan oleh DPR, menjadi sangat penting," ungkapnya.

Dalam pasal 235 undang-undang MD3 nomor 17 tahun 2014, telah jelas tertulis bahwa masalah etik DPR berkaitan dengan martabat, citra, kehormatan dan kredibilitas (kelembagaan) DPR. Dikatakan Feri, dalam pasal tersebut bukan soal kredibilitas sebagai anggota DPR.

"Jadi etik yang dilakukan anggota (DPR), kalau itu menganggu kredibilitas kelembagaan dia terkena pelanggaran hukum. Coba bayangkan, ada anggota DPR buat vlog nangkap prostitusi pakai lambang partai yang ada fraksinya di DPR?," jelasnya.

Feri Amsari mengungkapkan, tindakan Andre Rosiade melakukan penggerebekan dengan membuat vlog itu sangat menganggu kelembagaan DPR. Karena DPR seharusnya berada di level pembuatan kebijakan.

"(Anggota DPR) bukan orang yang turun ke lapangan, itu kan tugasnya sudah ada. Kalau reses turun ke jalan, oke. Turun ke konstituen, oke. Tapi ini kan bukan turun ke konstituen, ini melakukan tindakan hukum," tegasnya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade meninjau pembangunan kembali Pasar Fase VII Pasar Raya Padang, Minggu (25/8/2024).
Pengerjaan Fase VII Pasar Raya Padang Sudah 93 Persen, Andre Rosiade: Awal Oktober Selesai
Menteri BUMN Erick Thohir telah menyetujui pengalihan lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pengembangan RSUP M Djamil Kota Padang.
Menteri BUMN Setujui Alih Lahan KAI untuk RS M Djamil, Andre Rosiade: Tinggal Administrasi
Penasihat tim Semen Padang FC H Andre Rosiade memastikan, pelatih kepala Hendri Susilo (HS) bukanlah pelatih yang untouchable
Lawan Malut United Wajib 3 Poin, Andre Rosiade: Laga Ini Evaluasi Bagi Pelatih Semen Padang FC
Penasihat Tim Semen Padang FC Andre Rosiade mengecek perbaikan Stadion GOR H Agus Salim (GHAS) di Kota Padang, Minggu
Hadapi Persis Solo, Andre Rosiade Harap Semen Padang Bisa Bermain di Stadion H Agus Salim
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade meminta masyarakat melapor jika ada oknum-oknum yang mengintimidasi jelang Pilkada
Andre Rosiade Minta Warga Lapor Jika Ada Oknum yang Mengintimidasi Jelang Pilkada
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade meyakini pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa dan Hidayat,
Yakin Hendri-Hidayat Menangi Pilkada, Andre Rosiade: Jangan Pilih yang Tidak Tahu Padang