Pastikan Keselamatan Perjalanan, KAI Divre Sumbar Lakukan Tes Narkoba Pegawai Secara Acak

Pastikan Keselamatan Perjalanan, KAI Divre Sumbar Lakukan Tes Narkoba Pegawai Secara Acak

Tes narkoba dilakukan PT KAI Divre II Sumbar terhadap awak perkeretaapian. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - PT KAI (Persero) Divre II Sumatera Barat menggelar tes narkoba bagi awak sarana perkeretaapian secara acak di Stasiun Padang pada Rabu (25/9/2024). Hal ini guna memastikan perjalanan kereta api aman dan lancar.

Kahumas KAI Divre II Sumbar M. As'ad Habibuddin mengatakan, tes narkoba tersebut melibatkan petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Barat.

"Untuk mewujudkan SDM yang berkompeten, andal, dan bertanggung jawab, KAI Divre II Sumbar bekerja sama dengan BNN Sumatera Barat melaksanakan tes narkoba secara acak kepada sejumlah pekerja KAI Divre II Sumbar," kata As'ad.

Pemeriksaan acak dilakukan di 2 lokasi berbeda, yaitu Stasiun Padang dan Balai Yasa Padang (bengkel KA) terhadap 20 pekerja yang terdiri dari Masinis, Kondektur, petugas Pemeriksa Jalan Rel, Polsuska, petugas Balai Yasa, dan pekerja operasional lainnya.

Dengan adanya kegiatan pemeriksaan narkoba ini, KAI Divre II Sumbar memastikan bahwa petugas yang berdinas benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak terpengaruh oleh obat terlarang dan narkotika. Mereka adalah garda terdepan perusahaan yang memastikan keselamatan perjalanan kereta api," kata As'ad.

Ia menjelaskan, pemeriksaan narkoba tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi para penumpang.

Adapun, tes dilakukan dengan menggunakan alat tes urine untuk mengukur kandungan Amphetamine (AMP), Morphine/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Cocaine (COC) Methamphetamine (MET), dan Benzoidazepine (BZD).

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa secara keseluruhan peserta memiliki hasil negatif pada alat tes urine tersebut. Hal tersebut menegaskan bahwa para pekerja KAI Divre II Sumbar bebas dari penyalahgunaan narkotika. Selain itu, para peserta juga menerima sosialisasi dari BNN tentang bahaya dan akibat penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya baik zat alami atau sintetis (NAPZA).

"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi seluruh penumpang. Langkah-langkah preventif dan proaktif ini kami lakukan sebagai wujud dari tanggung jawab kami terhadap keselamatan dan pelayanan penumpang," tutup As'ad. (*/Fs)

Baca Juga

HUT ke 79, KAI Divre Sumbar Komit Fokuskan Keselamatan dan Keberlanjutan
HUT ke 79, KAI Divre Sumbar Komit Fokuskan Keselamatan dan Keberlanjutan
Lewat Layanan Lost & Found, KAI Sumbar Sudah Kembalikan Barang Penumpang Tertinggal Senilai Rp25 Juta
Lewat Layanan Lost & Found, KAI Sumbar Sudah Kembalikan Barang Penumpang Tertinggal Senilai Rp25 Juta
Satresnarkoba Polresta Padang menangkap tiga anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Jumat (20/9/2024) sekitar pukul 01.00 WIB dalam
Diduga Memakai Sabu, Tiga Anggota DPRD Mentawai Ditangkap Polisi
Sepanjang Januari hingga Agustus 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatra Barat sudah melayani sebanyak 1.201.252 penumpang.
Sepanjang Januari-Agustus 2024, KAI Divre II Sumbar Layani 1,2 Juta Penumpang
Satuan Reserse Narkoba Polres Pesisir Selatan berhasil menangkap seorang residivis penyalahgunaan narkoba jenis sabu berinisial JRP (30).
Residivisi Narkoba Ditangkap Polres Pessel, 13 Paket Sabu Diamankan
Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap empat tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan ganja pada Selasa (3/9/2024) malam.
Polisi Tangkap 4 Tersangka Kasus Narkoba di Payakumbuh dalam Semalam