BPBD Agam Kerahkan 3 Alat Berat Bersihkan Material Banjir Bandang

Pascabanjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, semua unsur saat ini melakukan

Alat berat membersihkan material banjir lahar dingin yang melanda Agam. [foto: Diskominfo Agam]

Langgam.id - Pascabanjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, semua unsur saat ini melakukan penanganan di lapangan, Sabtu (6/4/2024).

Penanganan pascabanjir lahar dingin yang terjadi pada Jumat (5/4/2024) tersebut melibatkan unsur TNI, Polri, Dinas PUTR Agam, PolPP dan Damkar Agam, Dinas Kesehatan Agam, Dinas Perhubungan Agam.

Kemudian, juga ada unsur Basarnas, Pemerintah Kecamatan dan Nagari. Serta berbagai organisasi masyarakat seperti PMI Agam, KSB, BAZNAS Agam, Rescue Skin BKT, Pemuda Pancasila, TAGANA, Relawan, RELINDO Sumbar, IZIN Sumbar, dan RMB.

Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan, bahwa pihaknya turun langsung ke lokasi serta membersihkan material banjir bandang dan lahar dingin dengan menggunakan alat berat sebanyak 3 unit.

Selain itu terang Budi, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pemerintah nagari dan kecamatan dalam penanggulangan bencana ini.

"BPBD Agam dalam melakukan penanggulangan ini juga berkoordinasi dengan pemerintah nagari dan kecamatan dalam hal melakukan penghitungan dan pendataan kerugian yang timbul akibat bencana alam ini," ujar Budi dilansir dari laman Facebook Diskominfo Agam, Sabtu (6/4/2024). (*/yki)


Baca Juga

InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
Pemkab Tanah Datar menerima 1.000 paket sembako dari Presiden RI Joko Widodo. Paket sembako tersebut diperuntukkan bagi warga terdampak
1.000 Paket Sembako dari Presiden untuk Warga Terdampak Banjir Bandang Tiba di Tanah Datar
Mensos Tri Rismaharini mengingatkan pemerintah daerah untuk segera memindahkan titik pengungsian masyarakat di Nagari Parambahan,
Mensos Minta Lokasi Pengungsian di Parambahan Tanah Datar Dipindahkan
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Pemko Padang Panjang mengajukan perbaikan jalan Lubuk Mata Kucing dan jembatan di Tanjung pascabanjir bandang ke BNPB.
Perkembangan Korban Bencana Sumbar, BNPB: 67 Orang Meninggal
Situjuah Limapuluh Kota Pun Kena Luapan Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi
Situjuah Limapuluh Kota Pun Kena Luapan Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi