Wakil Ketua DPRD Sumbar: Jangan Sampai Air Bangis Seperti Rempang

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar mewanti-wanti agar kejadian di Pulau Rempang, Kota Batam, tidak menimpa warga Air Bangis.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar mewanti-wanti agar kejadian di Pulau Rempang, Kota Batam, tidak menimpa warga Air Bangis. Hal itu berkaitan dengan konflik Proyek Strategis Nasional yang berujung penangkapan warga di Pulau Rempang.

Irsyad menyampaikan itu sehabis menerima kunjungi Forum Masyarakat Minang (FMM) di gedung DPRD Sumbar, Selasa (19/9/2023).

FMM dalam audiensinya menyampaikan rasa empati terhadap masyarakat di Pulau Rempang. Mereka juga prihatin dengan aksi sepekan yang dilakukan oleh masyarakat Air Bangis di Masjid Raya Sumbar beberapa waktu lalu.

"Maminteh sabalun Anyuik kata mereka tadi. Jangan sampai masyarakat Air Bangis seperti Rempang ini," kata Irsyad.

Maka FMM meminta lanjutnya, agar pemerintah Sumatra Barat pro kepada rakyat dan masyarakat adat. Selain itu, FMM juga meminta pemerintah Sumbar menjaga batas-batas tanah ulayat dan hak-hak masyarakat adat.

Irsyad menyampaikan, sudah ada kesepakatan DPRD dengan Pemprov Sumbar untuk menyepakati forum rapat bersama terkait apa yang terjadi di Air Bangis.

"Mudah-mudahan kita berharap memang berbeda Rempang dengan Air Bangis ini. Kondisinya saya kira tidak seratus persen sama. Itu yang perlu kita pintas jangan sampai nanti terjadi hal yang sama," ucapnya.

Dalam pertemuan yang sama, FMM turut mendesak Presiden secepatnya menyelesaikan konflik yang terjadi di Rempang. Mereka juga menuntut Presiden untuk meminta maaf kepada seluruh masyarakat Melayu dan rakyat Indonesia atas terjadinya peristiwa tersebut. (yki)

Baca Juga

Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPJ) Kepala Daerah Sumbar 2023 DPRD Sumbar, berkonsultasi dengan Direktorat
Optimalisasi Pelaksanaan Rekomendasi DPRD ke Kepala Daerah, Pansus LKPJ Konsultasi ke Kemendagri
Komisi I DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dukung rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam. Dengan adanya rencana
Komisi I DPRD Sumbar Kunjungan ke Agam, Pengajuan DOB Bisa Terealisasi Usai Pilkada
Ketua DPRD Sumatra Barat (Sumbar) Supardi mengajak kalangan akademisi untuk berkontribusi dalam mengawal proses Pilkada
Ketua DPRD Sumbar Ajak Akademisi Kawal Pilkada
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengharapkan perempuan di Payakumbuh harus mampu mandiri secara ekonomi. Selain untuk meningkatkan ekonomi keluarga
Ketua DPRD Sumbar: Perempuan Harus Kreatif untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga
Duta KIP MAN 2 Pessel Dikukuhkan, Ujung Tombak Keterbukaan Informasi di Sekolah
Duta KIP MAN 2 Pessel Dikukuhkan, Ujung Tombak Keterbukaan Informasi di Sekolah
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada