Memasuki Musim Tanam, Petani di Pessel Cemaskan Kondisi Saluran Irigasi

Memasuki Musim Tanam, Petani di Pessel Cemaskan Kondisi Saluran Irigasi

Sawah di Nagari Teratak sebelum musim hujan. (Debi Virnando)

Langgam - Para petani di beberapa nagari di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan mengaku masih enggan untuk turun ke sawah meski telah memasuki musim tanam. Salah satu faktor penyebabnya kondisi saluran irigasi yang belum memadai.

Pengakuan petani asal Kampung Rawang, Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih Nurlim, 58, musim kemarau sawah mereka kering, sementara musim hujan seperti sekarang, air dari hulu tidak terkendali. Debit air yang mengalir terlalu tinggi sehingga berisiko bagi tanaman padi.

"Sudah ada yang membuat tempat menyemai benih, tapi belum disemai. Banda di sini banyak yang tidak bagus lagi, harus dibuat saluran irigasinya supaya air bisa dikendalikan," kata Nurlim, Kamis (18/11/2021)
Selain di Rawang Gunung Malelo Surantih, kekhawatiran petani juga ditemui di Nagari Teratak baru-baru ini.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Batang Timbulun Buskamil mengatakan, sebagian besar sawah sudah memiliki irigasi. Namun, saluran buang irigasi terputus sehingga petani menjadi enggan untuk bertanam.

"Padahal, sekarang sebagian besar petani sedang menyemai benih. Mudah-mudahan walaupun ada saluran yang rusak kami masih bisa bertanam. Air jangan sampai melimpah sehingga merugikan kami petani," kata Buskamil.

Menurut Buskamil, saluran buang irigasi yang terputus diperkirakan mencapai 25 meter. Jika tidak segera diperbaiki akan mengancam kelangsungan ratusan hektare area persawahan masyarakat. Diakui petani di sana selama ini bergantung pada irigasi Batang Timbulun.

Petani berharap pemerintah kabupaten segera melakukan penanganan sehingga mereka dapat turun ke sawah setiap musim tanam tiba. Sebagai salah satu lumbung pangan di Pesisir Selatan, irigasi di Kecamatan Sutera harus menjadi prioritas dalam anggaran tiap tahunnya.

Diketahui, sektor pertanian khususnya tanaman pangan merupakan penyumbang tertinggi dalam Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Pesisir Selatan. Data menunjukan pangsanya di atas 30 persen tiap tahun. (*)

Tag:

Baca Juga

Shin Tae-yong Optimistis Garuda Muda Lolos ke Olimpiade 2024
Shin Tae-yong Optimistis Garuda Muda Lolos ke Olimpiade 2024
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman melantik 194 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemko Payakumbuh 2024
194 PPPK Terima SK Pengangkatan, Ini Harapan Pj Wali Kota Payakumbuh
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka secara resmi Khidmatul Ummah Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi-Agam
Bupati Buka Khidmatul Ummah Ponpes Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi di Dharmasraya
Tenggelam di laut - Pria tewas saat selamatkan orang
Seorang Anak yang Hilang Terseret Ombak di Pantai Air Manis Padang Ditemukan Meninggal
Sebanyak lebih dari 21 ribu calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa
Dimulai Hari Ini, 21 Ribu Calon Mahasiswa Baru Ikuti UTBK-SNBT di UNP
Warga Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) digegerkan dengan penemuan mayat seorang laki-laki dengan kondisi mengenaskan
Satpam Koperasi di Agam Ditemukan Meninggal, 2 Mata dan Telinganya Hilang