6 Bus Trans Padang Koridor Bypass Beroperasi 1 Februari 2020

Trans Padang koridor Bypass

Bus Trans Padang ikut mengantri di SPBU Jalan Perintis Kemerdekaan, Jati, Kota Padang (Foto: Irwanda Saputra)

Langgam.id - Terhitung tanggal 1 Februari 2020, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang bakal mengoperasikan angkutan massal Trans Padang Koridor IV Jalur Bypass rute Teluk Bayur-Anak Aia Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Jadwal pengaktifan ini lebih cepat dari rencana awal, yakni Maret 2020. Pengoperasian akan dilakukan langsung oleh Dishub Padang. Dalam masa awal ini, Dishub hanya akan mengoperasikan 6 unit bus terlebih dahulu.

Kepala Dishub Padang, Dian Fakhri, mengatakan ada 10 bus yang disiapkan untuk Jalur Bypass Padang. Namun karena ini merupakan masa awal atau percobaan, makanya tidak dioperasikan semuanya.

"Kita uji coba dulu, jangan bolak balik saja nanti isinya kosong, habis saja minyak jadinya. Setelah itu kita terus pantau," katanya kepada langgam.id, Jumat (24/1/2020).

Baca juga : Trans Padang Koridor Bypass Beroperasi Maret 2020

Jadwal ini dipercepat karena banyaknya pertanyaan dari sejumlah pihak dan masyarakat tentang kapan Trans Padang koridor Bypass akan beroperasi.

Saat ini, Dishub Padang juga masih dalam proses tender untuk memilih operator Trans Padang. Sementara tahap awal ini akan dioperasikan oleh Dishub langsung. Nanti kalau sudah terpilih operator, maka pengoperasian Trans Padang akan dilanjutkan olehnya.

"Jadi Dishub swakelola sekarang, cari sopir sendiri, cara pramugara, beli minyak dan lainnya, kalau sudah terpilih operator maka dia yang lanjutkan," katanya.

Koridor IV Trans Padang ini juga terhubung dengan Trans Padang yang sudah beroperasi jalur pusat kota-Lubuk Buaya yakni di Jalan Adinegoro.

Koridor IV ini melewati jalur Teluk Bayur- Bypass- Balai Kota- Simpang Anak Aia- Terminal Anak Aie yang sedang dibangun- Jalan Adi Negoro-Simpang Kalumpang terus masuk Bay Pass kembali ke Teluk Bayur.

Sedangkan untuk masyarakat yang ingin naik Trans Padang, caranya masih sama dengan Trans Padang yang sudah beroperasi di Jalan Khatib Sulaiman yaitu dengan memakai kartu Brizzi. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M
Padang merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang memiliki beragam objek wisata alam. Mulai dari pantai, pulau-pulau, air terjun
5 Air Terjun Cantik di Padang, Sudah Pernah ke Sana?