5 Fakta Pembunuhan di Muaro Panas Solok

5 Fakta Pembunuhan di Muaro Panas Solok

Kapolres Solok Kota AKBP Doni Setiawan saat mengintrogasi pelaku pembunuhan di Muara Panas (ist)

Langgam.id, Padang- Warga Dusun Kincia Jorong Koto Panjang, Nagari Muaro Panas, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok digegerkan dengan penemuan mayat bersimbah darah Selasa (14/5) sekitar pukul 16.30 WIB.

Korban diketahui bernama Delvi Busyra (41), yang beralamat di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Berikut 5 fakta penemuan mayat di Muaro Panas Kabupaten Solok yang dirangkum langgam.id:

1. Tewas dengan 5 Tusukan

Kapolres Kota Solok AKBP Dony Setiawan mengatakan, beberapa luka tusuk bekas senjata tajam memang ditemukan di sejumlah bagian tubuhnya.

“Korban dibawa ke RS Mohammad Natsir untuk kebutuhan visum,” katanya.

Dari hasil visum luar tubuh korban, ditemukan sebanyak 3 luka tusuk di bagian leher. Lalu, 1 tusukan di telinga sebelah kanan, 1 tusukan di bagian belakang bahu kanan. Korban juga mengalami 1 luka sabetan pada dan jari telunjuk sebelah kiri.

2. Sempat Kabur, Pelaku Ditangkap di Solok Selatan

Pelaku Rahman alias Fito (28) meringkus polisi di kawasan Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan Kamis sore (16/5). Pelaku sempat hendak kabur ke daerah Kerinci Provinsi Jambi.

Kapolres Kota Solok AKBP Dony Setiawan mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari keterangan saksi-saksi di sekitar lokasi penemuan korban. Informasi yang didapatkan mengarah ke Fito.

“Kami dapatkan informasi, jika pelaku di Solok Selatan. Sampai di sana, kami dapatkan lagi kabar pelaku ini hendak kabur ke Kerinci. Beruntung petugas berhasil menciduknya di kawasan Padang Aro,” katanya/

Usai menghabisi nyawa rekannya di dekat kincir air di Muara Panas, pelaku kabur ke kawasan Cupak, Kecamatan Gunung Talang. Setelah itu, pelaku berangsur ke arah Surian dan meneruskan pelarian ke Solok Selatan menggunakan sepeda motor.

Petugas akhirnya mendapati pelaku saat mengendarai sepeda motor di kawasan Padang Aro. Namun, pelaku tak menyerah dan justru berusaha kabur dari kejaran petugas.

"Petugas terpaksa melumpuhkan karena pelaku melawan," ujarnya.

3. Pelaku Teman Korban

Dony mengatakan, tersangka mengaku mengenal kenal dan berteman dengan korban. Karena tersulut amarah, pelaku mengajak korban bertemu dan akhirnya menghabisi nyawa korban dengan sebilah pisau.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 340 Jo Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman pidana mati atau seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun.

Saat ini, pelaku telah mendekam di sel tahanan Mapolres Solok Kota. Bersama tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti (BB) berupa sebilah pisau kecil, 1 unit Black Berry milik korban yang diambil pelaku. Lalu, 1 unit sepeda motor merek Supra tanpa Nopol.

4. Motif Pembunuhan

Berdasarkan pemeriksaan polisi, pelaku mengaku menghabisi nyawa korban karena dipicu dendam bagi hasil uang penjualan mobil curian.

Pelaku mengaku pernah membantu korban untuk menjual mobil L300 hasil curian korban.

"Setelah mobil terjual korban tidak memenuhi janjinya," AKBP Dony.

5. Pelaku 6 Kali Masuk Penjara

Tersangka Fito ternyata sudah 6 kali masuk penjara. Dia tercatat sebagai residivis pencurian pada 2002 dan divonis 7 bulan penjara di Palembang.

Tersangka kembali masuk ke Lapas Palambang dengan kasus yang sama pada 2003. Tiga tahun kemudian, tersangka kembali ditangkap di Kabupaten Solok karena mencuri.

Usai bebas, tersangka kembali masuk bui di tahun 2009 dengan kasus masih pencurian. Lalu, 2015 dia ditangkap lagi karena kasus penipuan dan penggelapan. Rahman juga terlibat kasus penganiayaan di dalam Lapas Solok pada tahun 2016 silam.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

mulyadi nasrul abit
Soal Kader Terlibat Narkoba, Demokrat Sumbar Serahkan pada Hukum dan Tegakkan Aturan Partai
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terlibat Narkoba, Polisi: Kami Cegat di Tepi Jalan
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terlibat Narkoba, Polisi: Kami Cegat di Tepi Jalan
Langgam.id - Seorang pria berinsial DM (20) diamankan polisi karena diduga menjual wanita ke pria hidung belang di salah satu hotel di Padang
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ditangkap Terkait Narkoba, 1 Paket Sabu Disita
3 Rumah Gadang Terbakar di Solok, Bupati dan Kapolres Tinjau Lokasi
3 Rumah Gadang Terbakar di Solok, Bupati dan Kapolres Tinjau Lokasi
Gadang Manyimpang, Mengenal Suku Panai Linjuang di Kabupaten Solok
Gadang Manyimpang, Mengenal Suku Panai Linjuang di Kabupaten Solok
Dihadiri Ketua MA, Kaum Panai Linjuang Batagak Pangulu
Dihadiri Ketua MA, Kaum Panai Linjuang Batagak Pangulu