4.856 Anak Lulusan SD di Padang Belum Mendaftar ke SMP

Rapor Siswa SD dan SMP di Padang Dibagikan Via Online

Ilustrasi Siswa SD (Foto: Sasint / Pixabay.com)

Langgam.id - Dinas Pendidikan Kota Padang mencatat masih ada 4.856 anak lulusan SD di Kota Padang yang belum mendaftar ke SMP.

Kondisi ini bisa menjadi peluang bagi SMP swasta untuk menggaet anak-anak tersebut bersekolah di sekolahnya masing-masing.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul saat hearing dengan puluhan guru yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP swasta Kota Padang, Rabu (29/7/2020).

Dalam hearing tersebut, Ketua MKKS SMP swasta Kota Padang Eni Farida mengatakan saat ini sebanyak 54 SMP swasta di Kota Padang kekurangan siswa. Bahkan ada sekolah yang hanya memiliki 2 orang siswa.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Desak Gubernur Sumbar Segera Selesaikan Masalah PPDB Online

Melihat kondisi itu, kedepan dia meminta Pemko Padang bersama DPRD membuat perwako/perda tentang PPDB yang memperhatikan rasa keadilan. Yakni 65% untuk penerimaan SMP negeri dan 35% penerimaan SMP swasta.

"Sehingga dengan pembagian itu, sekolah swasta bisa tetap hidup dan beraktifitas dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa," tuturnya, sebagaimana dicuplik dari Info Publik Padang.

Menjawab keluhan tersebut, Sekda Amasrul mengatakan akan mendorong para lurah untuk mendata nak-anak yang belum bersekolah supaya segera mendaftar ke sekolah swasta.

"Kami juga meminta kepada SMP swasta untuk bisa lebih kreatif dalam menjaring anak-anak tersebut, sehingga mereka mau bersekolah di sekolah kita masing-masing," pungkas Amasrul.

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
AEBF 2024: Mengenalkan Inovasi Teknologi Pertanian ke Pelajar se-Kota Padang
AEBF 2024: Mengenalkan Inovasi Teknologi Pertanian ke Pelajar se-Kota Padang
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee