Zona Hijau, 9 Ribu Siswa SMP di Pasaman Barat Mulai Sekolah

Syarat Madrasah dan Pesantren Tatap Muka | 9 Ribu Siswa SMP di Pasaman Barat Mulai Sekolah

Ilustrasi ekolah tatap muka

Langgam.id - Proses Belajar Mengajar (PBM) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar) dengan tatap muka dimulai hari ini, Senin (13/7/2020). Daerah itu diketahui masuk zona hijau penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat, akan ada sebanyak 9.000 siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengikuti sekolah tatap muka di daerah itu.

"Ada sekitar 9.000 siswa tingkat SMP sederajat yang memulai PBM tatap muka hari ini, namun siswa itu di bagi pada hari berbeda-beda untuk datang ke sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat, Marwazi kepada Langgam.id, Senin (13/7/2020).

Sekolah yang telah menerapkan PBM tatap muka itu, jelas Marwazi semuanya telah melengkapi sarana pendukung, seperti adanya kelengkapan pengecekan suhu tubuh (thermo gun), tempat cuci tangan serta menjaga jarak.

Marwazi juga mengimbau agar masyarakat dan orang tua turut mengambil peran dengan mengawasi anak-anaknya, baik saat berada di rumah serta mobilitas dari rumah ke sekolah dan kembali ke rumah.

“Kita berharap semua pihak saling mendukung agar PBM berjalan lancar dan terhindar dari Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Yulianto menyebutkan, untuk PBM tatap muka bagi Sekolah Dasar (SD) masih akan dievaluasi setelah penerapan PBM tatap muka untuk pelajar SMP.

"Akan kita pantau ulang, kalau PBM tatap muka untuk tingkat SMP aman, makan akan dilanjutkan PBM tatap muka untuk tingkat SD, setelah itu baru dilanjutkan untuk PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK)," ujarnya.

Yulianto menegaskan, adanya tatanan kehidupan baru ini, semua guru harus siap. "Para guru harus siap dengan situasi ini, termasuk memahami protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19," katanya. (Iyan/ZE)

 

Baca Juga

Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Pemerintah membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024 di delapan kementerian/lembaga. Ada total 3.445 formasi yang dibuka
8 Instansi Buka Seleksi Sekolah Kedinasan 2024, Tersedia 3.445 Formasi
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang sudah membuka PPDB SD dan SMP negeri Tahun Pelajajaran 2024/2025.
Ini 4 Jalur Masuk PPDB SD dan SMP Negeri di Padang 2024
Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat
Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini