Wagub Sumbar Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Soal Akan Tutup Penerbangan dari Batam

Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit mengingatkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumatera Barat menjaga netralitas saat Pemilu 2019.

Dikatakan Nasrul, penagwasan netralitas dalam Pemilu 2019 di Sumbar, sudah diatur dan dibagi. "TNI, itu diawasi Dandrem, polisi akan diawasi Kapolda, sedangkan ASN, langusng di bawah kita (Pemprov Sumbar)," ungkap Nasrul dalam Rapat Koordinasi berama ASN, TNI dan Polri menghadapi Pemilu 2019 di Aula Kantor Gubernur, Rabu (27/03/2019).

Nasrul Abit juga sudah meminta seluruh kepala daerah untuk mengintruksikan semua pegawainya netral dalam Pemilu 2019. "Secara pribadi mereka punya pilihan, silahkan. Tapi, jangan membawa-bawa atau memperlihatkan ke publik bahwa mereka memihak, karena bisa berdampak hukum," jelasnya.

Meskipun ada kerabat ataupun family dari ASN yang ikut dalam pertarungan Pemilu 2019, mereka harus tetap jaga netralitas. "Ada 16 patrai yang ikut, tentu ada kerabat ataupun family mereka yang ikut," ucap Nasrul.

Selain itu, Nasrul juga mengimbau jangan golput. "Mari beramai-ramai untuk memilih 17 April nanti," ungkapnya.

Terkait imbauan netralitas ASN, tidak perlu bercerita banyak lagi, karena sudah banyak aturan, undang-undang dan surat edaran yang menjelaskan hal itu.

"Saya rasa, tidak perlu lagi bercerita banyak tentang netralitas ASN ini. ASN harus netral dan tidak boleh menjadi tim kampanye atau sosialisasi parta ataupun pasangan tertentu," ujarnya. (Rahmadi/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Menurut Sutan Riska, NU Ormas Islam yang menganut jalan tengah dan lurus.
ASN di Dharmasraya Diperintahkan Aktif Sukseskan MTQ Tingkat Kabupaten
Langgam.id - Melalui berbagai program, Bank Nagari mengajak pensiuanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Sawahlunto untuk tetap produktif.
Bank Nagari Tawarkan Dukungan untuk Pensiunan ASN di Sawahlunto Buka Usaha
Langgam.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengeklaim bahwa ia berhasil mengubah pola pikir ASN di daerah yang ia pimpin.
Eka Putra Klaim Pola Pikir ASN Tanah Datar Lebih Baik Sejak Ia Memimpin
Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang memberikan hadiah umarah untuk 44 Aparatur Sipil Negara (ASN) berprestasi.
Pemko Padang Umrahkan 44 ASN Berprestasi dengan Dana Hibah
Langgam.id - Pencatutan identitas warga tanpa izin dan didaftarkan sebagai anggota Parpol marak terjadi di Indonesia menjelang Pemilu 2024.
Komisioner KPU, ASN hingga PPNPN Terdaftar sebagai Anggota Parpol di Sumbar
Langgam.id - Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto menyorot kinerja ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) di daerah yang ia pimpin.
Sorot Kinerja ASN dan THL, Wabup Pasbar: Setiap Apel Begini-begini Saja, Tak Ada Perubahan