Wagub Sumbar Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Soal Akan Tutup Penerbangan dari Batam

Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit mengingatkan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumatera Barat menjaga netralitas saat Pemilu 2019.

Dikatakan Nasrul, penagwasan netralitas dalam Pemilu 2019 di Sumbar, sudah diatur dan dibagi. "TNI, itu diawasi Dandrem, polisi akan diawasi Kapolda, sedangkan ASN, langusng di bawah kita (Pemprov Sumbar)," ungkap Nasrul dalam Rapat Koordinasi berama ASN, TNI dan Polri menghadapi Pemilu 2019 di Aula Kantor Gubernur, Rabu (27/03/2019).

Nasrul Abit juga sudah meminta seluruh kepala daerah untuk mengintruksikan semua pegawainya netral dalam Pemilu 2019. "Secara pribadi mereka punya pilihan, silahkan. Tapi, jangan membawa-bawa atau memperlihatkan ke publik bahwa mereka memihak, karena bisa berdampak hukum," jelasnya.

Meskipun ada kerabat ataupun family dari ASN yang ikut dalam pertarungan Pemilu 2019, mereka harus tetap jaga netralitas. "Ada 16 patrai yang ikut, tentu ada kerabat ataupun family mereka yang ikut," ucap Nasrul.

Selain itu, Nasrul juga mengimbau jangan golput. "Mari beramai-ramai untuk memilih 17 April nanti," ungkapnya.

Terkait imbauan netralitas ASN, tidak perlu bercerita banyak lagi, karena sudah banyak aturan, undang-undang dan surat edaran yang menjelaskan hal itu.

"Saya rasa, tidak perlu lagi bercerita banyak tentang netralitas ASN ini. ASN harus netral dan tidak boleh menjadi tim kampanye atau sosialisasi parta ataupun pasangan tertentu," ujarnya. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Soroti Maraknya Pelanggaran Netralitas ASN, Bawaslu Mesti Tegas
Serapan anggaran Pemko Padang baru mencapai angka 23 persen memasuki pertengahan tahun 2023. Sekda Padang, Andree Algamar meminta seluruh perangkat kerja daerah untuk mengoptimalkan dan menyegerakan program pembangunan.
Kehadiran ASN Saat Apel Pagi Minim, Sekda Padang Berang
PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat bersaing ketat untuk perebutan kursi DPR RI dari Dapil Sumatra Barat II.
Komisi II dan Pemerintah Sepakat RUU ASN Dibawa ke Paripurna, Guspardi Gaus: Konsep PPPK Diperluas
470 ASN di Agam Terima Satylencana
470 ASN di Agam Terima Satylencana
Pemkab Limapuluh Kota Dapat Kuota 350 Formasi ASN 2023
Pemkab Limapuluh Kota Dapat Kuota 350 Formasi ASN 2023
Bupati Tanah Datar Lantik 241 Pejabat dan Fungsional
Bupati Tanah Datar Lantik 241 Pejabat dan Fungsional